facebook

Tips Bagi Kalian yang Hendak Berkurban Tahun Ini, Cek Kondisi Hewan!

Luqy Luqman
Tips Bagi Kalian yang Hendak Berkurban Tahun Ini, Cek Kondisi Hewan!
Ilustrasi hewan kurban. (Suara.com/Stephanus Aranditio)

Perayaan hari raya Idul Adha selalu dibarengi dengan penyembelihan hewan kurban. Bagi umat muslim, berkurban dianjurkan bagi mereka yang mampu alias sunnah.

Bagi umat muslim yang ingin membeli hewan kurban untuk dikurbankan pada hari raya Idul Adha tahun ini,terlebih dulu harus mengetahui kriteria hewan yang layak untuk dikurbankan.

Berikut tips yang dapat digunakan bagi kamu yang ingin membeli hewan kurban.

1. Pastikan Hewan Dalam Keaadaan Sehat

Sebelum memilih hewan, pastikan anda tahu hewan apa saja yang bisa dijadikan sebagai hewan kurban. Pasalnya, tidak semua hewan dapat dikurbankan. Melainkan hanya sapi, kambing, domba, kerbau atau sapi.

2. Ketahui Hewan dalam Kondisi Sehat

  • Nafsu makan baik
  • Tanyakan kepada penjual apakah hewan telah diperiksa dokter hewan dan memiliki surat keterangan kesehatan dan juga asal hewan
  • Sebaiknya hindari membeli ternak yang digembalakan di tempat pembuangan sampah
  • Bulu bersih, mengkilat dan gelambir bagian leher kempis (pada sapi gelambir penuh air menandakan indikasi gangguan metabolisme)
  • Lincah dan terlihat gemuk (tidak mengalami kekurusan) Muka cerah
  • Tidak diare, periksa lubang tubuh (mulut, mata, telinga, dan anus) bersih dan normal
  • Tidak dalam kondisi demam (pada sapi biasanya dilihat pada cuping hidung.
  • Kuping hidung yang normal adalah basah, kalau kering tandanya sapi mengalami demam). Namun, untuk memastikan sebaiknya membawa termometer dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk mengetahui suhu normal berbagai spesies ternak kurban Refleks bagus (tidak ada warna merah atau cairan yang mencurigakan pada mata), serta refleks mata/pupil bagus.

3. Pastikan Hewan Tidak Dalam Keaadaan Cacat.

Cara memilih hewan kurban yang baik dan benar selanjutnya adalah pastikan hewan kurban tidak mengalami kecacatan. Hewan kurban yang mengalami kecacatan akan membuat kurban tidak sah.

Misalkan, hewan kurban ada yang buta sebelah atau benar-benar tak bisa melihat, sakit, pincang, dan sangat kurus sampai sumsu tulangnya tidak ada. Jika tidak sah, itu berarti hewan kurban yang tergolong di atas hanya memiliki status daging biasa, bukan menjadi kurban.

4. Pastikan Umur Hewan Cukup Untuk Dikurbankan.

Cara mengecek kecukupan umur hewan kurban sebagai berikut:

  • Gigi hewan lengkap dan tidak ada kecacatan
  • Kambing/domba harus berumur lebih dari 1 tahun yang ditandai adanya sepasang gigi tetap (cek dengan membuka mulut) dengan warna gigi terlihat lebih gelap
  • Sapi/kerbau harus berumur lebih dari 22 bulan atau 2 tahun ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap dengan warna gigi terlihat lebih gelap
  • Tidak mengalami kekurusan/kurang gizi.

Selain hewan harus sehat dan bersih, hal yang lain yang tak kalah penting adalah pilih hewan kurban sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Karena pada dasarnya, berkurban bukanlah suatu keterpaksaan, namun kerelaan dari tiap umat yang mampu.

Tidak hanya itu, pelajari juga pembagian daging hewan kurban. Dalam aturan Islam pembagian dibagi tiga yakni  1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 sisanya dihadiahkan kepada orang lain.

Bagi Anda yang ingin membeli hewan kurban, perhatikan lebih seksama hewan yang akan Anda beli. Pastikan hewan yang Anda beli memenuhi kriteria hewan kurban yang sehat dan sah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak