alexametrics

6 Fakta Unik Hewan Kambing Gunung, Ternyata Bukan Tergolong Kambing!

Ary
6 Fakta Unik Hewan Kambing Gunung, Ternyata Bukan Tergolong Kambing!
Ilustrasi kambing gunung (Unsplash/Ray Aucott)

Dunia satwa memang menarik kita pelajari. Banyak jenis-jenis satwa yang unik yang masih belum kita ketahui. Contohnya ada hewan yang memiliki kelamin ganda, ada yang memiliki kemampuan kamuflase untuk melindungi diri, dan masih banyak lagi fakta-fakta unik lainnya dari satwa di bumi ini.

Salah satu satwa yang memiliki keunikan adalah kambing gunung. Meski namanya kambing gunung, tetapi ternyata kambing gunung itu bukan kambing. Bingung? Yuk simak penjelasan lengkapnya. Disadur dari Nationalgeographic, berikut adalah 6 fakta menarik dari kambing gunung.

1. Kambing gunung ternyata bukan kambing

Genus (jamak genera) atau marga adalah salah satu bentuk pengelompokan dalam klasifikasi makhluk hidup yang secara hierarki tingkatnya di atas spesies, tetapi lebih rendah daripada familia. Meskipun namanya kambing gunung, tetapi dari faktor genus, kambing gunung tidak masuk ke dalam genus kambing. Kambing gunung lebih dikaitkan dengan antelop dan rusa.

2. Hanya bisa terlihat dari atas langit

Habitat kambing gunung berada di lingkungan Alpine dan Sub Alpine di ketinggian 13000 kaki. Di ketinggian itu, kambing gunung adalah mamalia terbesar. Ketinggian bisa melindungi mereka dari pemangsa. Karena habitatnya yang berada diketinggian, maka diibaratkan kambing gunung hanya bisa dilihat dari atas langit.

3. Memiliki 3 nama berbeda berdasarkan usia dan kelamin

Dilihat dari jenis kelamin dan usia, kambing gunung memiliki tiga sebutan berbeda, yaitu "Nannies" sebutan untuk kambing gunung betina, "Billies" sebutan untuk kambing gunung jantan, dan "Kids" sebutan untuk anak kambing gunung.

4. Betina hidup berkelompok dan jantan hidup menyendiri

Nannies atau kambing gunung betina biasanya hidup berkelompok. Dalam satu kelompok biasanya terdiri dari kurang lebih 20 ekor. Billies atau kambing gunung jantan biasanya hidup menyendiri. Biasanya Billies hidup sendirian atau maksimal  dua ekor.

5. Bisa melompat sejauh 12 Feet (3,5 Meter)

Dalam satu kali lompatan, kambing gunung bisa melompat sejauh 3,5 meter lebih. Kambing gunung bisa melakukan lompatan yang jauh ini karena dia memiliki sejenis bantalan kasar di bagaian bawah setiap jari kakinya.

6. Tanduk pada kambing gunung dapat menunjukan usia

Kita dapat mengetahui usia dari seeekor kambing gunung dengan melihat tanduknya, menghitung jumlah lingkaran pada tanduk (anulus), kemudian ditambahkan satu atau dua di mana usia anulus pertama kali tumbuh.

Itulah beberapa fakta dari kambing gunung, menarik bukan? Semoga artikel ini dapat menghibur atau setidaknya menambah wawasan kita akan dunia satwa.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak