alexametrics

Suasana Hartono Mall Yogyakarta saat PPKM Level 4

Fathyah
Suasana Hartono Mall Yogyakarta saat PPKM Level 4
Hartono Mall Yogyakarta - (Harian Jogja/Desi Suryanto)

PPKM Darurat telah berubah menjadi PPKM level 1-4. Pelaksanaan PPKM Jawa-Bali kekinian diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 mendatang dengan beberapa penyesuaian.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam keterangan pers daringnya, Minggu (25/7/2021) malam.

Berikut ini terekam suasana Hartono Mall Yogyakarta, Minggu (25/7/2021) sebelum pengumuman Jokowi disampaikan.

Sebagian masyarakat Yogyakarta belum mengetahui, beberapa toko perbelanjaan yang tetap buka. Termasuk sebagian gerai di mal, khusus yang menyediakan perlengkapan penting.

Salah satu mal yang buka pada 25 Juli 2021 adalah Hartono Mall yang terletak di jalan Ring Road Utara, Kaliwaru, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

loby depan hartono mall sumber: dokumen pribadi Fathyah Rahmaniah
Loby depan Hartono mal (Doc/Fathyah Rahmaniah).

Dari penjelasan karyawan staf mal mengatakan, Hartono Mall dibuka hanya beberapa gerai saja seperti supermarket, produk kecantikan, dan belanja perabotan rumah tangga.

Hal ini dikarenakan pihak mal masih takut untuk membuka banyak gerai. Apabila dibuka semua, dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan.

Terlebih Yogyakarta masih berjuang untuk menurunkan angka kasus Covid-19 dan aturan soal pusat perbelanjaan sudah ditetapkan pemerintah.

hartono mall pada hari ini mulai membuka beberapa gerainya
Masuk menuju parkir lobi Hartono Mal
(Doc/Fathyah rahmaniah).

"Kami membuka beberapa gerai saja karena takut terlalu ramai dan menimbulkan kerumunan. Kalau seperti itu takutnya mal akan benar-benar tutup sampai PPKM level 1-4 ini berakhir atau mungkin bisa jadi diperpanjang," ungkap salah satu staf karyawan mal. 

Dalam hal ini, kebijakan Hartono Mall sangat menerapkan aturan yang ketat bagi para pengunjung yang hendak datang. Beberapa peraturannya seperti mal hanya membuka tempat parkir di sekitar area loby saja (sebelumnya itu adalah tempat parkir valet) dengan tetap menerapkan tarif yang sama.

Kemudian mal juga melakukan pemeriksaan suhu dan kebersihan pengunjung sebelum masuk. Pihak mal juga hanya membuka gerai dengan pintu setengah naik guna mencegah keramaian.

Seperti halnya karyawan di salah satu gerai dalam Hartono Mall, mengatakan bahwa sebagian fasilitas mal seperti AC dan listrik tidak semuanya menyala.

Jadi pengunjung yang hendak berbelanja melakukan sistem transfer atau uang bayar secara langsung. 

gerai hanya dibuka kecil guna menghindari kerumunan sumber: dokumen pribadi Fathyah Rahmaniah
Gerai hanya dibuka kecil guna menghindari kerumunan
(Doc/Fathyah Rahmaniah).

"Mal sedang menghemat arus listrik mbak, soalnya gak semua gerai buka jadi buat pembelanjaan pakai kartu debit gak bisa," ungkap salah satu pegawai dari gerai kosmetik. 

Pemerintahan Yogyakarta sebelumnya menerapkan aturan ketat untuk tidak memperbolehkan beberapa tempat yang berpotensi ramai seperti area jalan Malioboro, pasar beringharjo, dan mal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak