alexametrics

Indonesia Tawarkan Diri Sebagai Tuan Rumah Piala AFF 2020

Aditiya Pratama
Indonesia Tawarkan Diri Sebagai Tuan Rumah Piala AFF 2020
Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai mencetak gol ke gawang Thailand (dok. bola.com)

Gelaran Piala AFF 2020 akan digelar di tahun ini. Sebanyak 10 tim Asean akan berpartisipasi di ajang sepakbola bergengsi se-Asean ini. Sepuluh tim tersebut terbagi menjadi 2 grup yang masing-masing akan berisikan 5 tim.

Menyandur dari laman resmi PSSI, pssi.org, Piala AFF 2020 sendiri akan digelar pada 5 Desember 2021 hingga Januari 2022. Pada ajang kali ini, Piala AFF akan menggunakan sistem home tournament.

Hingga kini belum ada keputusan dari pihak AFF untuk menunjuk siapa yang akan menjadi tuan rumah. Ditunjuknya negara sebagai tuan rumah akan dilihat dari situasi pandemi Covid-19 di negara itu.

Indonesia sendiri tampaknya tertarik untuk menjadi tuan rumah ajang dua tahunan ini. Melalui Sekretaris Jendral PSSI, Yunus Nusi, mengkonfirmasi bahwa PSSI kini sedang melakukan pembicaraan dengan pihak AFF untuk mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah.

Ya, kami memang masih proses negosiasi lisan dengan pihak AFF. Kami menunggu proposal terlebih dahulu dari AFF tentang hak dan kewajibannya,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi disadur dari football5star.

Indonesia memiliki peluang untuk menjadi tuan rumah Piala AFF 2020. Disadur dari football5star, kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini juga mulai melandai. Selain itu, kompetisi Liga 1 saat ini berjalan cukup lancar. Dengan pertimbangan tersebut, maka peluang untuk menjadi tuan rumah cukup besar.

Di Piala AFF 2020 ini Indonesia tergabung di Grup B bersama juara bertahan Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Sedangkan di Grup A sendiri berisikan Thailand, Filipina, Myanmar, Singapura, dan salah satu pemenang Kualifikasi (Brunei Darussalam atau Timor Leste).

Pada edisi sebelumnya tepatnya Piala AFF 2018, Indonesia sendiri mendapat hasil yang kurang memuaskan. Berada di Grup B, skuad Garuda hanya menempati peringkat 4 klasemen fase grup. Dari 4 laga yang telah dijalani, Indonesia hanya mampu memetik satu kemenangan melawan Timor Leste dan satu hasil imbang saat berjumpa Filipina.

Kini skuad Timnas Indonesia mengalami perubahan sangat pesat dibawah asuhan Shin Tae-yong. Dengan skuad yang relatif lebih muda, diharapkan bisa bersaing di kawasan Asia Tenggara. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak