alexametrics

Simak! 5 Pelatih Terancam Dipecat Setelah Seri Pertama BRI Liga 1 2021

joni herwanto
Simak! 5 Pelatih Terancam Dipecat Setelah Seri Pertama BRI Liga 1 2021
Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman (dok OFFICER BARITO PUTERA)

Seri pertama Liga 1 2021 yang dihelat di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, akhirnya beres pada Minggu (3/10/2021). Bhayangkara FC kini berada di puncak klasementara Liga 1 2021 setelah pertandingan seri pertama selesai. Tim yang berjuluk The Guardian berhasil meraih kemenangan dan berhasil memperoleh satu kali seri dari enam pertandingan yang mereka lakoni.

Hasil yang diperoleh Bhayangkara FC ini membuat sang pelatih tidak mendapatkan ancamanan pemecetan pelatih. Kondisi ini beda dengan klub Liga 1 2021 yang nasibnya berada diunjung tanduk. Hal itu terjadi karena tim yang dilatih tidak berhasil meraih kemenangan dampaknya suporter tim tersebut merasa resah.

Dari sebanyak 18 tim, sudah ada satu klub yang sudah memecat pelatihnya yaitu Persik Kediri. Tim yang dilatih oleh Joko Susilo hanya mampu memperoleh 5 poin dari satu kali meraih menang, dua diantara imbang, dan tiga kali merasakan kekalahan.

Sementara itu, Borneo FC juga sudah ditinggalkan oleh pelatihnya mulai dari pekan ke-3 Liga 1 2021. Mario Gomez dikonfirmasi mengundurkan diri bukan dipecat.

Kemudian siapa pelatih yang akan bernasib sama seperti Joko Susilo?

Menyandur dari bolasport, Ada 5 nama nahkoda tim yang mungkin akan dipecat sama seperti halnya yang dialami oleh Joko Susilo.

1. Iwan Setiawan

Pelatih Persela Lamongan ini kemungkinan akan mengalami nasib yang sama seperti Joko Susilo. Iwan Setiawan hanya mampu meraih enam poin dari enam laga yang sudah di lakoninya. Hasil tersebut membuat resah suporter Laskar Joko Tingkir. 

Iwan Setiawan juga kesusahan untuk membuat permainan pasukan Laskar Joko Tingkir berkembang. Karena pelatih tersebut terlalu menggantungkan para pemain muda untuk bermain di Liga 1 2021. Tim kebanggan La Mania sekarang berada diposisi ke-13 klasemen sementara Liga 1 2021.

2. Djadjang Nurdjaman

Permainan tim berjulukan Laskar Antasari masih belum stabil saat dinahkodai Djadjang Nurdjaman. Barito Putera sekarang masih berada di urutan ke-17 yang hanya berhasil memperoleh poin sebanyak empat dari jumlah enam laga.

Suporter Laskar Antasari sudah berharap ke manajemen klub agar menilai pelatih yang biasa disapa Djanur itu. Tetapi, manajemen Barito Putera masih memberikan kesempatan kepada mantan pelatih Persib Bandung tersebut.

Djadjang Nurdjaman sekarang masih berstatus menjadi nahkoda Laskar Antasari walapun tidak mengerti nasibnya pada seri yang kedua nanti.

3. Dejan Antonic

Pelatih asal Serbia ini jadi pelatih yang kemungkinan besar akan dipecat karena dinilai tidak berhasil menahkodai PSS Sleman. Sebelumnya diakhir September 2021, suporter tim yang berjuluk Super Elja telah minta ke manajemen untuk mendepak Dejan Antonic sebagai pelatih PSS Sleman.

Dinahkodai pelatih asal Serbia itu, tim Super Elja hanya mampu mendapatan sebanyak lima poin dari hasil meraih satu kemenangan, dua kali mengalami seri, dan tiga kali merasakan kekalahan.

Walapun Dejan Antonic pernah membawa tim Super Elja menduduki peringkat ke-3 pada Piala Menpora 2021 tersebut. Suporter Super Elja tetap konsisten agar pelatih asal Serbia itu meningglkan PSS Sleman.

Terlebih, sekitar seribu suporter Super Elja yang nekat hadir ke Bandung, Jawa Barat, untuk menemui manajemen dan pelatih asal Serbia, Dejan Antonic. Para suporter datang saat PSS Sleman akan berhadapan dengan Persik Kediri di pertandingan pekan ke-6 Liga 1 2021 di Stadion Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (3/10/2021). PSS Sleman sekarang berada diurutan ke-15 klasemen sementara Liga 1 2021.

4. Robert Rene Alberts

Pelatih asal Bandung ini kemungkinan juga akan dipecat. Robert Rene Alberts dinilai tidak berhasil untuk meraih kemenangan di empat pertandingan terakhir yang dilakoni Maun Bandung di Liga 1 2021. Tim kebanggan para Bobotoh ini hanya mampu bertanding dengan hasil seri secara empat kali berturut-turut.

Hal tersebut tentunya membuat Bobotoh melakukan aksi untuk demo dengan cara menyambut kedatangan bus para pemain setibanya di kota Bandung. Suporter Maung Bandung kasih tiga tuntutan yang mereka utarakan ke manajemen Persib Bandung agar segera melakukan evaluasi.

Bobotoh tidak ingin skuad mewah Maung Bandung tidak berhasil jadi juara. Sejauh laga ini memang Maung Bandung belum pernah mengalami kalah, bahkan klub kebanggan Bobotoh ini berada di posisi ke-5. Namun karena Persib Bandung dihuni oleh pemain-pemain yang begitu mewah tetapi masih saja tidak bisa meraih hasil yang bagus, itulah yang membuat Bobotoh tidak bisa terima.

Diketahui, setelah seri pertama Liga 1 2021 selesai dilakukan, kompetisi Liga 1 akan dliburkan selama dua pekan. Persib Bandung akan mengawali bertanding mulai tanggal 15 Oktober 2021 di seri yang kedua Liga 1 2021 yang akan dihelat di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

5. Aji Santoso

Klub kebanggan Bonek Mania ini belum bisa menampilkan permainan terbaiknya hingga pada pekan ke-6 Liga 1 2021 selesai. Padahal yang perlu diketahui Persebaya Suarabaya sebagai runner up Liga 1 2019. Green Force menelan empat kali kalah dan berhasil meraih dua kemenangan. Dengan hasil tersebut sepertinya kesempatan untuk Aji Santoso sudah cukup.

Bonek Mania sudah memberi kritikan ke manajemen agar mengevaluasi kinerja pelatih Persebaya Surabaya yaitu Aji Santoso. Suporter Persebaya Surabaya juga mengirimkan sebuah karangan bunga yang ada tulisan Aji Out ke kantor Persebaya, Surabaya, Jawa Timur.

Selama ini Green Force masih menunjukkan permainan yang dinilai belum maksimal serta banyaknya pemain Bajul Ijo itu yang dipanggil ke timnas. Sebanyak 7 pemain Persebaya Surabaya yang dipanggil Shin Tae-yong untuk membela timnas Indonesia.

Ada sebanyak empat pemain yang saat ini sedang dipanggil untuk memperkuat timnas untuk bertanding kontra Taiwan di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan dihelat pada tanggal 7 dan 11 Oktober 2021di Buriram, Thailand.

Apakah ada salah satu pelatih tim kebanggaanmu dari daftar pelatih di atas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak