alexametrics

5 Pencetak Gol Terbanyak Liverpool di Liga Champions, Mo Salah Nyaris Selip Steven Gerrard

radiansyah radiansyah
5 Pencetak Gol Terbanyak Liverpool di Liga Champions, Mo Salah Nyaris Selip Steven Gerrard
Penyerang sayap Liverpool, Mohamed Salah. [OLI SCARFF / AFP]

Liverpool adalah salah satu klub Inggris yang paling sukses di Liga Champions, kompetisi yang diselenggarakan oleh UEFA. Liverpool telah memenangkan Liga Champions UEFA sebanyak enam kali, termasuk kemenangan mereka atas rival di Liga Premier yaitu Tottenham Hotspur.

The Reds kini memiliki pencetak gol yang produktif di skuad mereka, dengan pemain seperti Robbie Fowler dan Michael Owen. Keduanya adalah pemain dengan gol terbanya dalam sejarah di Liga Premier Inggris.

Meskipun Liverpool telah sukses besar di Liga Champions UEFA, tetapi cukup mengejutkan jika tidak ada pemain Liverpool yang melewati 50 gol dalam kompetisi tersebut.

Liverpool telah tampil secara reguler di Liga Champions UEFA dalam beberapa tahun dan telah mencapai babak sistem gugur dalam empat musim terakhir. Bahkan Liverpool menjadi runner-up pada 2017-2018 dan dapat memenangkan gelar Liga Champions pada musim berikutnya.

Dengan mengoleksi delapan gol dari dua pertandingan, tim yang diasuh oleh Jurgen Klopp ini menjadi salah satu pencetak gol terbanyak dalam Liga Champions UEFA musim 2021-2022, yang saat ini sedang berlangsung.

Disadur dari Sportskeeda, berikut ini 5 pencetak gol terbanyak Liverpool di Liga Champions UEFA.

1. Ian Rush - 14 Gol

Dalam daftar pertama kali ini ada nama Ian Rush. Ia merupakan pencetak gol terbanyak Liverpool sepanjang di semua kompetisi. Dia adalah bagian dari Generasi Emas Liverpool, yang mendominasi Liga Premier Inggris di bawah asuhan Bob Paisley.

Selain telah memenangkan gelar bagi The Reds, Rush juga telah mengumpulkan banyak penghargaan individu, termasuk Sepatu Emas Eropa pada tahun 1984. Dengan gol-golnya tersebut, ia membantu Liverpool memenangkan tiga trofi pada musim 1983-1984.

Meskipun telah mencetak 364 gol di semua kompetisi untuk The Reds, dia hanya mencetak 14 gol di Liga Champions.

2. Roberto Firmino - 18 Gol

Roberto Firmino telah menjadi salah satu pemain yang paling bekerja keras di skuad Liverpool. Meskipun tidak mampu memuncaki daftar pencetak gol seperti rekan satu timnya Mohamed Salah dan Sadio Mane, kontibrusi Firmino di sepertiga penyerangan sangat penting bagi kesuksesan Liverpool baru-baru ini.

Penyerang asal Brasil itu memulai dengan baik musim 2021-2022 dan kini telah mencetak enam gol di semua kompetisi. Dia juga mengantongi dua gol dalam kemenagan 5-1 atas Porto yang membuat total golnya di Liga Champions menjadi 18 gol.

3. Sadio Mane 20 Gol

Sadio Mane kini telah berkembang menjadi salah satu pemain sayap terbaik di dunia, selama waktunya bersama Liverpool. Kecepatan, kemampuannya, dan keterampilannya menggiring bola membuatnya menjadi lawan yang sangat sulit dilawan di sayap kiri.

Sementara itu Mo Salah adalah salah satu kekuatan menyerang tim dan dapat mencetak gol sesuka hati. Mane pun sama-sama pemain yang kompeten dalam memenangkan kembali penguasaan bola. Penyerang asal Senegal itu memiliki musim yang terbaik dalam karirnya saat di musim 2018-2019.

Dia telah memenangkan Liga Champions UEFA bersama Liverpool, lalu berakhir sebagai runner-up di AFCON 2019 bersama Senegal. Ia berbagi Sepatu Emas di Liga Premier dan juga menempati posisi keempat dalam daftar Ballon d'Or.

Golnya saat melawan Porto pada bulan September 2021 menjadikan total gol yang dia peroleh menjadi lima gol. Terbanyak yang di peroleh pemain Liverpool saat melawan satu lawan dalam kompetisi. Dia pun sekarang menjadi satu dari tiga pemain Liverpool yang telah mencapai angka 20 gol di Liga Champions UEFA.

4. Mohamed Salah 28 Gol

Mohamed Salah menikmati musim yang produktif bersama Liverpool dan tingkat mencetak golnya pun sangat bagus. Belum terlalu lama bersama Liverpool, dia sudah berada di urutan ke-10 daftar pencetak gol sepanjang masa bagi klub.

Pemain yang bermain untuk posisi sayap tersebut baru-baru ini juga mencetak golnya yang ke-100 di Liga Premier Inggris. Hal itu menjadikannya sebagai pemain Liverpol tercepat yang dapat mencapai 100 gol.

Pemain sayap dengan menggunakan kaki kiri ini telah berada di puncak permainannya setiap musim dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan melambat.

Sementara itu, Salah telah mencetak 28 gol di Liga Champions UEFA bagi Liverpool, termasuk gol saat melawan Roma dan Basel. itu membuatnya menjadi pemain Afrika ketiga yang hampir menembus rekor 30 gol dalam kompetisi tersebut.

5. Steven Gerrard 30 Gol

Terakhir adalah Steven Gerrard yang sering dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik dalam generasinya, meskipun ia tidak dapat memenangkan trofi Liga Premier Inggris bersama The Reds. Penampilannya di Final Liga Champions UEFA saat melawan AC Milan pada 2005 menggukuhkan posisinya dalam klub.

Setelah Liverpool tertinggal 3-0 pada babak pertama, ia pun menginisiasi comeback dengan mencetak gol pada menit ke-4. Setelah itu dua gol lagi dicetak secara berurutan, yang kemudian dapat menyamakan kedudukan bagi Liverpool.

Dia saat ini memegang gelar sebagai pemain Liverpool yang mencetak gol terbanyak di Liga Champions UEFA. Ia juga telah mencteak 14 gol dalam kompetisi di Anfield, rekor yang baru-baru ini disamakan oleh Salah.

Itulah pemain Liverpool dengan jumlah gol terbanyak di Liga Champions. Ada favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak