alexametrics

4 Tanda Kamu Tipikal Orang yang Takut dalam Berkomitmen

Reza Hour
4 Tanda Kamu Tipikal Orang yang Takut dalam Berkomitmen
Ilutrasi berpegangan tangan. (pexels.com/Trung Nguyen)

Mempuyai hubungan asmara bisa bertahaman lama dan berniat ke jenjangan yang lebih serius merupakan hal yang menjadi keinginan bagi banyak orang. Namun, tidak semua orang mau untuk melakukannya, sebab karena ada perasaan takut dan cemas terhadap hal tersebut.

Alhasil, hubunganmu hanya sebatas itu saja, tidak ada komitmen yang kamu miliki demi berani mengambil ke jenjang yang lebih serius. Bagaimanapun juga, kalau ini sampai terus terjadi akan menghalangi kebahagiaan dalam hidupmu.

Maka dari itu, simak 4 tanda kamu tipikal orang yang takut dalam berkomitmen.

1. Takut terluka lagi

Memiliki pengalaman pahit dengan hubungan sebelumnya membuat takut terluka lagi. Hal ini membuatmu trauma tersendiri, sehingga enggan untuk berkomitmen.

Alhasil, menyebabkanmu terlalu mudah menyerah ketika menghadapi persoalan dalam hubungan. Untuk menghindar permasalahan tersebut kamu justru menyelesaikan dengan cara yang dulu.

2. Sabotase diri sendiri

Salah satu tanda orang yang kerap kali merasa takut mengambil komitmen adalah menyabotase dirinya sendiri. Seperti kondisi hubungan yang terasa harmonis malah membuatmu merasa ketakutan.

Selalu berpikir bahwa setiap hubungan pasti akan berakhir walaupun kondisi saat ini terlihat bahagia, justru membuatmu ingin bertindak merusakan hubunganmu sendiri. Hal ini bertujuan untuk ingin memiliki kendali penuh untuk bisa mengambil tindakan sesuka hati, termasuk menentukan untuk perpisahan hanya dari keputusanmu saja.

3. Merasa kesulitan untuk bisa terbuka dengan pasangan

Memiliki pasangan yang kamu rasa cocok untuk mendampingimu, pada dasarnya setiap orang jauh lebih mudah untuk bisa menceritakan tentang hal pribadinya. Namun, kamu bertidak sebaliknya.

Alhasil, membuatmu merasa kesulitan untuk bisa terbuka dengan pasangan. Bahkan untuk sekedar mengekspresikan perasaanmu saja kamu enggan melakukannya.

4. Hanya melihat dari hal negatifnya saja

Walaupun telah memiliki pasangan yang kamu cintai, tapi selalu saja ada pikiran bahwa hubungan yang dijalani tidak akan langgeng. Bahkan menganggap akan ada beragam masalah yang terjadi yang membuatmu hubungan akan kandas.

Alhasil, hanya melihat dari hal yang negatifnya saja. padahal, kalau bisa melihat dari sudut pandang yag berbeda justru hidupmu akan jauh lebih berwarna.

Berdasarkan ulasan di atas, sebaiknya kita bisa mengekspresikan perasaan kita tentang sesuatu hal kepada pasangan, agar bisa saling menguatkan ketika ada persoalan yang mengganjal di benakmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak