alexametrics

Ayam Cha Do Jo, Hidden Gem Kuliner Porsi Jumbo di Yogyakarta

Hayuning Ratri
Ayam Cha Do Jo, Hidden Gem Kuliner Porsi Jumbo di Yogyakarta
Ayam Cha Do Jo. (Instagram.com/@javafoodie)

Ragam kuliner Yogyakarta tak pernah ada habisnya. Kota ini bagaikan surga bagi para pecinta kuliner. Rentang harga untuk kuliner di sini pun bervariasi, tinggal menyesuaikan dengan isi dompet yang kamu miliki.

Warung Demen menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin berhemat, namun pulang dengan perut kenyang. Warung Demen termasuk warung makan legendaris di Yogyakarta yang berdiri sejak 1998. Warung ini lebih dikenal luas dengan nama salah satu sajian yang menjadi favorit banyak pelanggan yaitu Ayam Cha Do Jo.

Warung Demen. (Instagram.com/@javafoodie)
Warung Demen. (Instagram.com/@javafoodie)

Ayam Cha Do Jo adalah ayam goreng tepung yang disiram dengan saus khas dari dapur mereka berisi sayuran ditambah dengan acar dan kerupuk. Saus dari Ayam Cha Do Jo cenderung memiliki rasa asam manis.

Lebih lanjut, keistimewaan dari Ayam Cha Do Jo adalah ukuran ayamnya yang begitu besar, sehingga bisa dimakan untuk dua orang sekaligus. Oleh karena itu, jangan heran apabila warung makan ini selalu dipadati dengan banyak pembeli. Kamu membutuhkan kesabaran ekstra saat menunggu di sini, sehingga tidak disarankan datang dalam keadaan perut keroncongan. Namun jangan khawatir, masa penantianmu akan terbayar dengan porsi jumbo yang mereka hidangkan.

Ayam Tepung Cha Do Jo. (Instagram.com/@javafoodie)
Ayam Tepung Cha Do Jo. (Instagram.com/@javafoodie)

Ayam Cha Do Jo untuk satu porsinya dibanderol dengan harga terjangkau sekitar Rp14.000. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai pilihan menu lainnya, seperti nasi goreng, magelangan, cap cay, dan fu yung hai. Sementara itu, menu minuman yang disediakan diantaranya teh, jeruk, sirup, susu sirup, dan susu cokelat. Kamu hanya bisa memesan secara langsung di tempat karena mereka tidak bergabung dengan aplikasi ojek online.

Lokasi Warung Demen sendiri sedikit tersembunyi karena jauh dari jalan raya meski di tengah perkotaan. Warung Demen berada di belakang Plaza Ambarrukmo, tepatnya di Jl. Brotowali, Nologaten, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak warung yang dekat dengan berbagai kampus membuat banyak pembeli di sini berasal dari kalangan mahasiswa.

Dari gapura Nologaten RW 03, Perum Tirta Kirana, arahkan kendaraan ke timur sekitar 200 m. Kamu dapat menjangkau tempat ini dengan motor maupun mobil. Warung ini cocok untuk makan bersama keluarga, teman, atau rombongan. Kamu bisa memilih tempat ingin lesehan atau duduk di kursi.

Kamu tak perlu risau kalau warung makan ini tutup karena Warung Demen buka setiap hari mulai pukul 17.30-23.00 WIB. Sebaiknya, kamu datang tidak terlalu larut malam agar belum terlalu banyak antrean. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak