alexametrics

Meneguk Segarnya Sarsaparilla, Minuman Soda yang Melegenda dari Yogyakarta

Hayuning Ratri
Meneguk Segarnya Sarsaparilla, Minuman Soda yang Melegenda dari Yogyakarta
Ilustrasi minuman soda. (Freepik.com/lifeforstock)

Yogyakarta menyimpan keistimewaan tersendiri bagi siapa saja yang pernah singgah di sini. Mulai dari panorama alam yang indah, ragam budaya yang melimpah, hingga aneka kuliner yang memanjakan lidah dapat ditemukan di kota ini.

Tak hanya gudeg dan angkringan, Yogyakarta memiliki kekhasan lain dari minuman yang tidak diketahui banyak orang saat ini. Minuman tersebut tidak lain adalah Sarsaparilla. Minuman ini termasuk jenis minuman bersoda yang melegenda. Pada tahun 1960-an, Sarsaparilla populer dan sering disajikan dalam hajatan seperti pernikahan atau khitanan. Bahkan, Sarsaparilla menjadi minuman favorit bagi kalangan bangsawan di Yogyakarta, termasuk Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Akan tetapi, minuman Sarsaparilla mulai langka saat ini. Beberapa produsen minuman terpaksa gulung tikar karena banyak minuman soda yang bermunculan, sehingga mereka kesulitan dalam pemasaran. Ditambah lagi, bahan baku minuman yang juga sulit untuk ditemukan. Kini, setidaknya terdapat tiga merek yang masih aktif melakukan produksi yaitu Indo Saparella, Ay-Hwa, dan Minerva.

Sesuai dengan namanya, Sarsaparilla dibuat dari kombinasi batang tanaman Sarsaparilla (Smilax aristolochiaetolia) dan air berkarbonasi. Minuman Sarsaparilla biasanya dikemas dengan botol kaca yang menarik. Aroma yang tercium dari minuman bersoda ini mirip seperti balsam. Lebih lanjut, Sarsaparilla mempunyai rasa khas yang unik. Sensasi semriwing manis dari air soda dibarengi kehangatan dari rasa rempah dapat membuat kamu mengernyitkan dahi saat pertama kali mencobanya.

Bukan hanya melegakan dahaga, Sarsaparilla pun diyakini mendatangkan beragam manfaat yang menyehatkan tubuh. Tanaman Sarsaparilla kaya akan berbagai nutrisi yang memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antinyeri. Sarsaparilla biasanya digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah batuk, mencegah kanker, meredakan nyeri sendi, hingga menjaga kesehatan dan fungsi hati.

Bagi kamu yang sudah tidak sabar ingin meneguk kesegaran Sarsaparilla beserta khasiatnya, kamu dapat menemukan minuman ini di pusat perbelanjaan, pusat toko oleh-oleh, dan restoran atau café yang mengusung konsep tradisional di Yogyakarta. Minuman Sarsaparilla pun kini dapat dijumpai di marketplace dan memiliki beberapa distributor yang tersebar di sejumlah daerah. Harapannya, minuman ini dapat tetap lestari dan dirasakan oleh anak cucu kelak.

Harga yang ditawarkan untuk satu botol Sarsaparilla dengan ukuran sedang tergolong terjangkau yaitu sekitar Rp15.000 sampai Rp25.000. Kamu dapat menambahkan es batu atau meminumnya dalam keadaan dingin untuk menambah kenikmatan. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak