alexametrics

Tingkatkan Suasana Hati dengan Menikmati Olahan Cokelat di Coklat Cafe

Hayuning Ratri
Tingkatkan Suasana Hati dengan Menikmati Olahan Cokelat di Coklat Cafe
Olahan cokelat di Coklat Cafe. (Dokumentasi pribadi/Hayuning Ratri)

Jalanan Yogyakarta yang sering macet membuat emosi dan cape hati saat berkendara. Apalagi kalau bersamaan dengan jam berangkat atau pulang kantor, kemacetan bisa mengular sampai jauh. Daripada mempertahankan perasaan negatif yang tiada guna, penulis akhirnya mampir ke sebuah kafe yang menarik pandangan bernama Coklat Cafe.

Setelah memarkir kendaraan, penulis langsung menuju tempat cuci tangan yang telah disediakan di depan kafe. Memasuki Coklat Cafe, penulis disambut dengan kehangatan pramusaji di sana.

“Selamat sore Kak, boleh saya cek suhu dulu? Untuk dibawa pulang atau di sini? Untuk berapa orang?” tanya pramusaji untuk mengetahui kebutuhan penulis.

Selanjutnya, penulis dipersilakan untuk memilih tempat duduk yang tersedia. Pramusaji pun menjelaskan terkait buku menu yang sudah dalam bentuk QR Code sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19.

Meja dan Kursi di Coklat Cafe. (Dokumentasi pribadi/Hayuning Ratri)

Coklat Cafe menghadirkan beragam pilihan menu yang seketika membuat penulis bingung mau memesan apa. Namun, mengingat namanya Coklat Cafe, maka penulis ingin menikmati sajian cokelat karena pasti itu yang istimewa di tempat ini. Lebih lanjut, terdapat tanda menu favorit di buku menu, sehingga bisa memudahkan penulis dan siapa pun yang berkunjung ke sini.

Sejumlah minuman cokelat yang menjadi menu favorit di Coklat Cafe diantaranya Hot Chocolate Special, Crème Brulle Chocolate, Le Chocolate Chaud, Salted Iced Chocolate, Chocolate Ice Freeze, dan Chocolate Sand. Kisaran harga yang ditawarkan untuk minuman cokelat di sini mulai dari Rp18.000 sampai Rp35.000.

Tak hanya cokelat, kafe yang berdiri sejak 2003 ini juga menyuguhkan minuman lainnya, seperti aneka kopi dan teh. Menu kopi pun beragam mulai dari kategori Manual Brew, Cold Brew & Bottled, Es Kopi Susu, Espresso Based, dan Hitam X Coklat. Sementara itu, menu teh juga tak kalah beragam dengan beberapa menu favorit diantaranya Signature Hot Tea, Iced Thai Tea, dan Creamy Vanilla Tea. Varian teh dan kopi ini dibanderol dengan kisaran harga Rp10.000 sampai Rp35.000.

Coklat Cafe juga memiliki beragam menu makanan dengan beberapa kategori yaitu Munchies, Mini Meal, Big Meal, dan Sweet Treat. Pilihan menu Munchies yang tergolong favorit di sini diantaranya French Fries The Cheesy One, Chicken Wings Spicy Barbeque, Potato Wedges BBQ Beef Bites, Churros, dan Meltcheese Fingers. Untuk menu Mini Meal favoritnya ada Choco Puff Soup, Fusilli Carbonara, dan The Big Platter. Selanjutnya, untuk kategori Big Meal yang menjadi favorit adalah Rice Bowl Beef Bratwurst in Chocolate Curry dan Creamy Pesto Spaghetti. Sementara itu, untuk kategori Sweet Treat yang termasuk favorit di sini yaitu Pancake Delights, Choco Ice Cake, Noir Volcano, dan Lava You. Menu makanan di sini ditawarkan mulai dari harga Rp16.000 sampai Rp65.000.

Harga yang tercantum di buku menu Coklat Cafe belum termasuk pajak 10 persen. Penulis menjatuhkan pilihan untuk menikmati minuman Hot Chocolate Special with Rhum bersama sebuah dessert Noir Volcano. Kedua menu tersebut menggunakan bahan dasar cokelat dan termasuk sebagai menu favorit.

Sajian yang pertama datang adalah Hot Chocolate Special with Rhum. Wangi semerbak cokelat dan rum begitu pekat membuat penulis tidak sabar ingin meneguknya. Apalagi, melihat ada sendok berbentuk cokelat yang bisa disantap begitu saja atau diaduk dalam cokelat panas hingga meleleh. Hot Chocolate Special ini mempunyai tekstur yang kental dan rasa cokelat yang kuat. Rasa manisnya pun tidak terlalu kuat sehingga cocok bagi pecinta cokelat sejati.

Hot Chocolate Special ala Coklat Cafe. (Dokumentasi pribadi/Hayuning Ratri)

Beralih ke Noir Volcano, tampilannya begitu apik dan estetik. Noir Volcano sendiri merupakan sajian berupa chocolate lava cake with cold vanilla ice cream. Lelehan cokelat langsung lumer setelah chocolate lava cake itu disendok. Olahan dessert ini mempunyai rasa yang cenderung manis. Perpaduan antara lava cake dengan es krim ternyata begitu cocok di lidah.

Noir Volcano ala Coklat Cafe. (Dokumentasi pribadi/Hayuning Ratri)

Tak hanya olahan cokelatnya yang membuat hati senang, suasana di sini pun begitu tenang dan nyaman, sehingga bisa mengembalikan suasana hati yang buruk. Lebih lanjut, desain interior di Coklat Cafe memberikan nuansa romantis tersendiri. Selain itu, alunan lagu yang diputar di tempat ini juga menenangkan, sehingga membuat pikiran menjadi rileks.

Interior Coklat Cafe. (Dokumentasi pribadi/Hayuning Ratri)

Coklat Cafe memberikan berbagai fasilitas, seperti akses Wi-Fi, toilet, mushola, dan fasilitas protokol kesehatan yang memadai. Meja dan kursi pun akan disemprot dengan desinfektan setiap selesai digunakan pengunjung.

Coklat Cafe buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Kafe yang identik dengan air mancur di bagian kaca depan ini terletak di Jl. Cik Di Tiro, No. 19, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nah, jadi tunggu apalagi, jika berniat mencari aneka olahan cokelat untuk mendampingi saat nongkrong, me time, bahkan mengerjakan tugas, Coklat Cafe bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak