alexametrics

Minum Kopi sambil Mengenal Sejarah Pos Indonesia di Kopi Pakpos

Hayuning Ratri
Minum Kopi sambil Mengenal Sejarah Pos Indonesia di Kopi Pakpos
Kopi Pakpos. (Instagram.com/@kopipakpos)

Jalan-jalan di Kawasan Nol Kilometer Yogyakarta di sore hari dapat menyenangkan hati. Kalian tak akan kesulitan untuk wisata kuliner di kawasan tersebut. Jika kalian ingin merasakan nostalgia Yogyakarta tempo dulu, tak ada salahnya mampir ke Kopi Pakpos.

Sesuai dengan namanya, Kopi Pakpos berdiri di Gedung Pos Indonesia sebelah timur. Oleh sebab itu, selain minum kopi, kalian dapat mengenal lebih dekat tentang sejarah Pos Indonesia di tempat ini.

Dari bagian depan kafe, kalian sudah disambut dengan adanya bis surat zaman Belanda (Brievenbus). Masuk ke dalam, kalian dapat menemukan ruang filateli yang berisi koleksi prangko jadul dan benda pos lainnya. Tak hanya itu, di sini juga terdapat ruang kotak pos dengan desain mirip ruang PO BOX dahulu kala.  

Kedai kopi yang berdiri sejak 2019 ini mempunyai beragam pilihan menu minuman dan makanan. Kategori menu kopi di sini terdiri dari Pakpos Special, Pakpos Kopi Rempah, dan Manual Brew. Sementara itu, Kopi Pakpos juga menyediakan beberapa menu non-coffee yang digolongkan ke dalam kategori Pakpos Special Tea, Pakpos Milk Latte, dan Pakpos Soda. Harga minuman di kedai kopi ini dipatok dengan harga Rp18.000 sampai Rp29.000.

Apabila kalian ingin mengganjal perut sekaligus, Kopi Pakpos juga menawarkan beragam pilihan makanan di antaranya kentang goreng, lumpia, sosis spesial, singkong, donat, dan rice bowl. Aneka menu makanan tersebut dibanderol dengan harga mulai dari Rp6.000 sampai Rp35.000.

Kopi Pakpos buka mulai pukul 11.00-22.00 WIB untuk hari Senin hingga Jumat. Sementara itu, hari Sabtu dan Minggu buka dari pukul 07.00-22.00 WIB.

Buat yang sudah tidak sabar ingin meneguk kopi sambil bernostalgia suasana tempo dulu khususnya yang berhubungan dengan sejarah Pos Indonesia, kalian dapat menuju ke Jl. Panembahan Senopati No. 2, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nah, jadi tunggu apalagi, jika kalian berencana untuk mencari tempat nongkrong atau ruang diskusi setelah puas jalan-jalan di sekitaran Kawasan Nol Kilometer, Kopi Pakpos dapat menjadi pilihan yang tepat. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak