facebook

Warung Mbah Sambat, Tempat yang Cocok untuk Melepas Penat

Hayuning Ratri
Warung Mbah Sambat, Tempat yang Cocok untuk Melepas Penat
Warung Mbah Sambat (Instagram.com/@rahayu_cuisine)

Bagi orang Jawa, sambat bukanlah kata yang asing. Sambat memiliki makna mengeluh. Sambat sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Beban kehidupan yang berat dapat menjadi lebih ringan setelah sambat dengan orang terdekat. Ada perasaan lega dan merasa tak sendirian.

Untuk kalian yang berada di Yogyakarta, terdapat tempat yang nyaman berbagi sambat yaitu adalah Warung Mbah Sambat. Pendatang baru dunia kuliner di Kota Pelajar ini menangkap peluang banyaknya anak muda yang membutuhkan tempat untuk sekedar nongkrong, me time, dan yang pasti sambat untuk melepas penat.

Bangunan Warung Mbah Sambat terlihat seperti rumah nenek pada zaman dahulu. Pendopo terbuka dengan lantai dari konblok, serta lampu jadul membuat nostalgia bagi siapa saja yang menginjakkan kaki di sini. Tulisan nyentrik tentang persambatan duniawi terpampang di beberapa dinding pendopo seperti menjawab sambatan kalian.

Meskipun desain interior terkesan tradisional, namun mereka termasuk warung yang modern lho. Pasalnya, untuk memesan menu di sini, kalian harus memindai QR Code yang terdapat di meja. Tak hanya melihat menu, kalian langsung dapat memilih makanan dan minuman. Selanjutnya, pembayaran pun dapat kalian lakukan secara mandiri. Jika masih ada kebingungan, jangan ragu untuk bertanya pada pramusaji di warung.

Warung Mbah Sambat menyuguhkan beragam menu hidangan khas Nusantara. Sebut saja ada sego goreng mbah sambat, soto ayam sambatan, nasi bakar biru, mie kare ayam pedas, dan beberapa lainnya.

Jika perut kalian hanya sedikit lapar, cobalah makanan ringan yang tak kalah menarik, seperti lumpia semarang, cilok saus kacang, singkong goreng sambal roa, dan bubur ketan spesial. Harga makanan di sini masih cukup terjangkau dengan kisaran Rp10.000 – Rp32.000.

Lebih lanjut, Warung Mbah Sambat menyediakan aneka minuman yang menyegarkan. Minuman di sini terdiri dari dingin dan panas. Sebut saja ada teh, teh susu jahe, kopi susu jahe, kopi susu, wedang jahe, wedang sekoteng, jeruk nipis, jeruk manis, dan masih banyak lainnya. Harga minuman dibanderol mulai dari Rp6.000 – Rp12.000.

Kalian dapat mampir ke Warung Mbah Sambat setiap hari Rabu-Senin. Selama masa PPKM ini, mereka buka dari pukul 14.00-20.00 WIB. Warung Mbah Sambat berlokasi di Jl. Pandean Sari III No. 12, Candok, Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, DIY.

Nah, jadi tunggu apalagi, jika kalian berniat untuk sambat bersama sahabat, Warung Mbah Sambat dapat menjadi pilihan yang tepat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak