facebook

5 Rekomendasi Jajanan Pasar Paling Populer

Xandra Junia In
5 Rekomendasi Jajanan Pasar Paling Populer
Risol mayo super kriuk (Instagram @randferdian)

Seiring perkembangan zaman, beberapa hal terus diperbaharui dengan segala sesuatu yang baru. Salah satunya camilan yang saat ini mungkin didominasi oleh menu dari luar negeri.

Namun, nyatanya masih banyak yang mencari dan mencintai produk lokal, seperti halnya jajanan pasar. Bagi yang rindu akan makanan ini, berikut 5 di antaranya yang direkomendasikan untukmu.

1. Risol

Ilustrasi risol mayo. (Pixabay/Mufid Majnun)
Ilustrasi risol mayo. (Pixabay/Mufid Majnun)

Risol terbuat dari tepung terigu dengan berbagai macam isian. Bisa wortel, kentang, telur, atau daging, yang kemudian digulung dan dilapisi tepung panir. Setelah itu, baru digoreng.

Tekstur luarnya kering, sedangkan dalamnya lembut. Untuk rasanya sendiri cenderung gurih, kecuali varian mayones yang akan sedikit memberikan asam.

Jika ingin ada sensasi pedas, kamu bisa menyantapnya dengan cabai. Jangan lupa juga untuk menyajikan risol saat masih hangat agar semakin terasa nikmat.

2. Pastel

Ilustrasi pastel. (Pixabay/Hans)
Ilustrasi pastel. (Pixabay/Hans)

Pastel merupakan jajanan pasar berbahan tepung yang tergolong kering. Biasanya diisi dengan wortel, kentang, telur, bihun, dan suwiran ayam. Rasanya juga cenderung asin.

Bentuknya bisa dibilang cukup unik, karena dibuat bergerigi di bagian atas. Jadi, pastel ini seperti punya seni yang memiliki daya tarik sendiri pada penampilannya.

3. Lumpia

Ilustrasi lumpia. (Pixabay/Jonathan Valencia)
Ilustrasi lumpia. (Pixabay/Jonathan Valencia)

Lumpia di tiap daerah mungkin saja berbeda-beda. Contoh, di Semarang yang populer dengan isian rebung. Namun, bau menyengatnya kurang disukai bagi orang yang belum terbiasa.

Ada juga lumpia Bandung yang diisi oleh aneka sayuran dan bihun. Kemudian, disajikan bersama sambal kacang. Kira-kira, kamu lebih suka yang mana?

4. Kue Cucur

Kue cucur merupakan jajanan pasar khas suku Betawi yang terbuat dari tepung beras. Bahan ini dicampur dengan gula aren yang kemudian digoreng.

Bentuknya sendiri dibikin bulat menggembung, sedangkan rasanya manis dan tentunya bikin nagih.

Terlebih saat disajikan masih hangat. Belum lagi jika ditemani kopi atau teh. Jadi semakin terasa nikmatnya.

5. Klepon

Kue Klepon. [Shutterstock]
Kue Klepon. [Shutterstock]

Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan pandan untuk menghasilkan warna hijau. Kemudian, dibentuk bulat, diisi oleh gula aren, dan direbus.

Setelah matang, klepon ditaburi parutan kelapa dan siap untuk disantap. Perpaduan rasa manis dan asin akan didapatkan dari jajanan ini.

Apakah dari kelima jajanan pasar diatas ada yang menjadi favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak