facebook

4 Rekomendasi Film Indonesia yang Membangkitkan Fenomena Sporting Nasionalism

Ina
4 Rekomendasi Film Indonesia yang Membangkitkan Fenomena Sporting Nasionalism
Rilis poster film Susi Susanti: Love All. [Yuliani/Suara.com]

Sporting Nasionalism merupakan suatu fenomena di mana olahraga menjadi salah satu cara jitu dalam membarakan api nasionalisme di diri masyarakat. Nyatanya, fenomena tersebut telah banyak tergambarkan melalui event-event olahraga yang meriuhkan jiwa-jiwa nasionalis masyarakat. Mulai dari olahraga sepakbola dengan fans yang begitu besar, kemudian bulu tangkis dengan segala prestasinya yang menciptakan banyak penggemar, dan lain sebagainya.

Rekomendasi film ini cocok banget buat kalian tonton di masa-masa perayaan kemerdekaan ini, guna memupuk nasionalisme melalui persepsi Sporting Nasionalism. Ini dia top rekomendasi film Indonesia yang mengangkat kisah para atlet kebanggaan negeri ini:

1. King (2009)

Film King terinspirasi dari sosok legendaris di dunia bulu tangkis Indonesia yaitu Liem Swie King. Film ini mengisahkan perjuangan dari seorang anak bernama Guntur yang sangat mendambakan menjadi juara bulu tangkis.

Selain kisahnya yang menarik, film ini juga berhasil memikat hati masyarakat karena terdapat beberapa pemain yang saat ini tengah menjadi atlet bulu tangkis kebanggaan negeri ini. Di antaranya, terdapat Jonatan Christie dan Kevin Sanjaya yang diketahui saat ini menjadi pemain unggulan dunia.

Film yang disutradari oleh Ari Sihasale ini telah mendapatkan banyak respons positif dan berhasil masuk ke beberapa nominasi dalam Festival Film Indonesia.

2. 3 Srikandi (2016)

3 Srikandi merupakan film yang diangkat berdasarkan kisah nyata atlet panahan Indonesia yaitu Nurfitriyana Saliman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani. Ketiga atlet panahan Indonesia tersebut dikisahkan tengah berjuang dalam Olimpiade Musim Panas Tahun 1988 di Seoul, Korea Selatan.

Tentunya, kisah mereka menarik untuk ditilik karena perjuangan mereka yang mati-matian mempersiapkan diri untuk maju di Olimpiade. Ditambah lagi, berbagai masalah pribadi yang datang mengguncang mental mereka selama persiapan, bahkan saat pertandingan berlangsung. Film ini juga berhasil merebut minat masyarakat untuk menonton bagaimana para atlet berjuang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

3. Susi Susanti Love All (2019)

Film ini terinspirasi oleh kisah Susi Susanti, atlet bulu tangkis Indonesia di sektor tunggal putri yang berhasil meraih medali emas di Olimpiade Barcelona Tahun 1992. Perjuangan Susi Susanti di film ini terlihat begitu realistis dan menarik. Sebab dibumbui oleh kisah percintaannya dengan sesama atlet bulu tangkis yang juga meraih medali emas Olimpiade tersebut, yaitu Alan Budikusuma.

Ditambah lagi, konflik yang dimiliki Susi Susanti atas darah Tionghoanya, pada masa-masa kericuhan 1998. Segmen itu menjadi gejolak yang luar biasa. Film ini berhasil menjadi favorit masyarakat karena dirilis setelah terjadinya Sporting Nasionalism di Asian Games 2018. Sosok Susi Susanti sendiri saat ini masih menjadi penggerak dunia bulu tangkis Indonesia.

4. 6,9 Detik (2019)

Film ini terinspirasi kisah atlet panjat tebing putri Indonesia yaitu Aries Susanti Rahayu, yang berhasil memecahkan rekor dunia dengan catatan waktu 6,995 detik, pada Kejuaran Internasional Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup di Xiamen, China.

Film ini tentunya sangat menginspirasi masyarakat, karena mampu melihat bagaimana perjuangan seorang atlet yang berusaha mengharumkan nama Indonesia. Segala peluh, lelah, sakit diabaikan demi meraih berbagai pencapaian tertinggi, terutama medali emas di kancah kejuaraan dunia. Selain itu, film ini juga menyuguhkan cerita tentang pencarian jati diri dari seorang Aries Susanti Rahayu.

Itu tadi rekomendasi film para atlet yang harus kamu tonton untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan menilik perjuangan para atlet demi membanggakan Indonesia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak