alexametrics

Sudah Menyala Ratusan Tahun, Ini 6 Fakta Menarik Centennial Light Bulb

Ary
Sudah Menyala Ratusan Tahun, Ini 6 Fakta Menarik Centennial Light Bulb
Centennial Light Bulb (centennialbulb.org)

Pernah dengar centennial light bulb? Mungkin masih banyak yang belum mengetahui dan bahkan baru mendengar kata namanya. Centennial light bulb adalah lampu bohlam dengan daya tahan menyala yang sangat lama. Diketahui lampu tersebut sudah menyala ratusan tahun dan masih menyala sampai saat ini. Selain itu masih banyak fakta unik lainnya tentang lampu bohlam abadi tersebut.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah 7 fakta menarik centennial light bulb.

1. Pendapat ahli terkait umur panjang centennial light bulb

Karena lampu ini bisa memiliki umur yang sangat panjang, banyak pihak yang berpendapat mengenai mengapa lampu tersebut memiliki umr yang sangat panjang. Berikut adalah beberapa pendapat yang muncul:

  • Lampu tersebut dinyalakan 24 jam penuh. Konsumsi lampu sangat besar saat pertama kali dinyalakan, sehingga jika menyala 24 jam penuh, maka konsumsi lampu menjadi lebih kecil dibandingkan jika lampu sering dimatikan dan dinyalakan.
  • Komponen pembuat Centennial light bulb adalah filamen pijar yang berbahan dasar karbon, sedangkan lampu bohlam biasa menggunakan tungsten. Karbon dipercaya lebih baik dalam menghantarkan listrik saat dipanaskan dan delapan kali lebih tebal dibandingkan tungsten.
  • Centennial light bulb memiliki penutup yang sangat baik sehingga dapat menjaga ruang hampa agar filamen tidak mudah hancur.

2. Tercatat di Guinness World Records

Dilansir laman guinnessworldrecords, pada tahun 1972 centennial light bulb tercatat dalam guinness world record untuk lampu bohlam dengan nyala terlama. Lampu ini berada di kantor pemadam kebakaran, Livemore, California, Amerika Serikat. Diketahui centennial light bulb sudah menyala sejak 1901 dan masih menyala sampai detik ini dan kurang lebih sudah berusia 120 tahun.

3. Pernah diminta menjadi koleksi Museum Ripley's Believe It Or Not

Pihak livermore fire station pernah menolak permintaan dari pihak replesy's believe or not untuk menyerahkan centennial light bulb untuk dijadikan koleksi museum ripley's believe or not. Mereka lebih memilih menyimpan dan merawat sendiri lampu tersebut sampai nanti padam. 

4. Pernah dipindahkan ke tempat baru

Sebenarnya centennial light bulb tidak sepenuhnya menyala 24 jam penuh sepanjang hari. Pada tahun 1976, pemadam kebakaran livermore pernah berpindah tempat dengan membawa lampu ini ke tempat barunya. Pada saat perpindahan tempat lampu sempat padam selama 22 menit saja, setelah dipasang di tempat baru, lampu itu dinyalakan kembali.

5. Masalah power supply sempat memadamkan centennial light bulb

Centennial light bulb pernah redup pada 20 Mei 2013, peristiwa ini bisa disaksikan oleh siapapun melalui webcam. Pada 21 Mei 2013 pihak livermore memanggil ahli listrik untuk memastikan penyebab redupnya lampu itu. Setelah dicek, penyebab lampu itu redup adalah masalah pada power supply, setelah power supply diperbaiki, maka lampu tersebut dapat menyala kembali.

6. Centennial light bulb dapat kita saksikan secara streaming

Siapa saja, dimana saja dan kapan saja, centennial light bulb bisa disaksikan secara streaming. Pihak livermore fire station memasang kamera di dekat lampu tersebut dan menyiarkannya secara streaming, sehingga siapa saja bisa menyaksikan lampu tersebut menyala secara realtime dengan cara streaming di situs resminya, yaitu centennialbulb.org.

Itulah 6 fakta menarik Centennial Light Bulb.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak