alexametrics

Sulit Dipercaya, 6 Tempat Ini Dianggap Ajaib Berdasarkan Sains

Ary Yulianto
Sulit Dipercaya, 6 Tempat Ini Dianggap Ajaib Berdasarkan Sains
Kawah Ijen. (Suara.com/Ahmad Suudi)

Pernahkah kalian berpikir bahwa alam semesta ini menyimpan banyak hal yang tidak pernah terpikirkan oleh kita? Selama ini kita menganggap alam semesta sebatas apa yang kita lihat dan kita dengar saja. Namun, pada faktanya alam semesta ini tidak sebatas apa yang kita lihat dan kita dengar.

Alam semesta yang kita tempati saat ini banyak menyimpan banyak rahasia dan keunikan fenomena. Masih banyak tempat di dunia ini yang masih belum kita eksplor. Ada banyak tempat dan fenomena alam di dunia ini yang jika kita telaah seperti terlihat ajaib. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini enam tempat di dunia yang dianggap ajaib secara sains.

1. Venezuela - Badai petir abadi

Kapan kita bisa melihat petir? Pada umumnya kita bisa melihat petir saat langit dalam kondisi hujan atau ketika langit dipenuhi awan mendung. Namun, jika kalian pergi ke Venezuela, kalian bisa melihat petir hampir setiap hari.

Dalam satu tahun, fenomena langit dengan badai petir bisa terjadi sebanyak tiga ratus hari. Dengan demikian, bisa dikatakan fenomena badai petir di negara ini terjadi sepanjang tahun. Menyadur laman Mysterious universe, fenomena alam yang langka ini dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu kondisi topografi, atmosfer, angin, dan suhu pada lokasi tersebut.

2. Italia - The Double Tree of Casorzo

Apakah kalian tahu tanaman benalu? Tanaman benalu tumbuh pada bagian tumbuhan lain, seperti pada batang. Biasanya tanaman benalu bersifat parasit, yaitu merugikan inangnya. Sebab ia mencuri nutrisi dari tubuh inangnya. Namun, di negara Italia, tepatnya di Piemonte, terdapat fenomena alam yang sangat unik, yaitu ada tanaman yang dapat tumbuh subur di atas tanaman lain, tetapi bukan sebagai benalu.

The double tree of Casorzo, merupakan nama fenomena alam yang sangat langka ini, yaitu ada sebuah pohon cherry yang dapat tumbuh dengan subur dan besar di atas pohon mulberry. Jika kita melihat pohon ini, maka kita seperti melihat satu batang pohon memiliki dua jenis pohon yang berbeda.

Tidak diketahui dengan pasti mengapa fenomena alam ini dapat terjadi. Namun, ada teori yang menyebutkan penyebab terjadinya fenomena alam ini adalah karena ada seekor burung yang sedang membawa benih cherry, lalu benih tersebut terjatuh di atas pohon mulberry.

Selanjutnya, benih cherry tersebut tumbuh di atas pohon mulberry dengan akar yang menembus tanah melalui rongga-rongga batang mulberry. Dengan demikian, cherry yang tumbuh di atas mulberry tidak bersifat benalu, karena memperoleh nutrisi dari tanah.

3. Pennsylvania - The ringing rock

Apa yang kalian dengar jika memukul sebuah batu? Pasti kalian akan mendengar bunyi seperti “dug”. Namun, ada batu yang jika dipukul menghasilkan bunyi seperti dering atau denting.

Fenomena alam ini dikenal dengan nama The Ringing Rock, yaitu terletak di Pennsylvania, terdapat sebuah batu yang dapat menghasilkan bunyi denting jika dipukul. Seorang ahli mineral, Edgar Wherry berpendapat fenomena The Ringing Rock disebabkan oleh tekstur batu tersebut dan posisi tumpukan dari batu tersebut.

4. Peru - The boiling river

Di negara Peru, terdapat sebuah sungai yang airnya memiliki suhu mencapai 93 derajat celcius. Sungai ini merupakan bagian dari rangkaian sungai Amazon dan memiliki panjang 6,24 km. Karena sungai ini memiliki air dengan suhu yang sangat tinggi, maka sungai ini disebut dengan nama “The boiling river”.

Ada teori yang menjelaskan mengapa sungai tersebut memiliki air dengan suhu yang tinggi, yaitu karena faktor geothermal dan kecelakaan kilang minyak yang terletak dalam radius 2 - 3 km dari lokasi sungai tersebut.

5. Austria - Underwater park

Di negara Austria, tepatnya di kaki pegunungan Hochschwab, ada suatu taman yang tidak seperti taman pada biasanya. Jika ingin mengunjungi taman ini, kita membutuhkan pakaian menyelam dengan peralatan menyelam yang lengkap. Pasti kalian bertanya mengapa untuk pergi ke taman saja harus menggunakan pakaian menyelam.

Pada dasarnya taman ini sama dengan taman-taman yang sering kita lihat dan kita kunjungi. Kita dapat menemukan kursi taman, pohon, dan benda-benda taman pada umumnya. Namun, yang membedakan taman ini dari taman lainnya adalah, letak taman ini berada di dasar air.

Diketahui dulunya taman ini merupakan taman seperti pada umumnya. Namun, dari tahun ke tahun salju yang berada di sekitar pegunungan taman ini mencair dan membuat volume air danau meningkat, sampai akhirnya meluap dan menenggelamkan taman tersebut.

6. Indonesia - Lahar biru Kawah Ijen

Pada daftar terakhir dari tempat ajaib di dunia, ada nama Indonesia. Pasti banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa Indonesia memiliki  tempat yang berdasarkan sains merupakan hal yang sangat langka terjadi atau bisa kita bilang ajaib. Tempat yang dimaksud adalah Kawah Ijen yang terletak di Gunung Ijen, perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Mengapa Kawah Ijen dianggap sebagai tempat yang ajaib? Karena Kawah Ijen memiliki lahar yang berwarna biru. Pada umumnya lahar memiliki warna merah, tetapi tidak dengan lahar pada Kawah Ijen.

Cynthia Werner, seorang ahli geologi dari US Geological Survey (USGS), Alaska Volcano Observatory mengatakan fenomena lahar berwarna biru merupakan fenomena yang tidak biasa. Menurutnya, belum pernah ditemukan belerang mengalir begitu banyak di gunung berapi. Diketahui warna biru yang terlihat pada lahar di Kawah Ijen adalah hasil pembakaran gas belerang.

Itulah uraian enam tempat ajaib yang ada di dunia ini berdasarkan sains. Ternyata Indonesia menjadi salah satu dari tempat ajaib itu. Apakah kalian pernah mengunjungi salah satu dari tempat ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak