alexametrics

Sehat dan Segar Kombucha Scooby, Produk yang Lahir Kala Pandemi

Wardha Andriyuni
Sehat dan Segar Kombucha Scooby, Produk yang Lahir Kala Pandemi
Scooby Kombucha Rasa buah naga dan nanas (DocPribadi/kazebara).

Meskipun sesekali hujan, tapi cuaca di bulan Oktober ini masih banyak panasnya. Minuman dingin aneka rasa tetap menjadi primadona, terutama di siang yang terik. Nah, tahu tidak sih, kalau ada minuman yang menyegarkan juga sekaligus menyehatkan?

Paket lengkap antara kesegaran dan kandungan antioksidan untuk kesehatan, ada dalam minuman fermentasi yang disebut dengan kombucha. Menjadi lebih hits lagi ketika minuman ini dipilih oleh BTS Jungkook. Para ARMY pasti merasa dirinya juga harus mencoba dong?

Salah satu produk kombucha yang baru saja aku coba bernama Scooby. Namanya mirip nama simbiosis jamur yang digunakan untuk membuat kombucha. Selain nyicip, aku juga bertemu langsung dengan ownernya yang ramah dan tidak pelit memberi pengetahuan. Ia banyak berbagi tentang apa itu kombucha, bahkan bagaimana proses membuatnya.

"Jadi Scooby ini produk probiotik, dia bahan dasarnya dari teh, lalu dibantu dengan kultur namanya SCOBY (Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast). Dia mengubah struktur dari teh sama gula yang difermentasi, lalu menghasilkan minuman probiotik ini,” kata Agung menjelaskan produknya.

Agung sudah belajar mengenai kombucha sejak tahun 2017 dan membuat produk sendiri sejak 2019. Lahir ketika pandemi dan owner-nya punya lebih banyak waktu di rumah.

Warna dari produk-produk kombucha Scooby ini terlihat menarik. Aku mencoba rasa Buah Naga-Nanas dengan warna merah keunguan, dan Rosela-Mint dengan warna coklat terang.

Buah Naga-Nanas rasanya manis, agak asam, tapi aku susah menemukan rasa nanasnya. Kalau Rosela-Mint, yang kuat rasa mintnya. After taste-nya juga meninggalkan rasa mint, segar dan fresh sensasinya kalau minum rasa Rosela-Mint.

Jika kalian pernah menjumpai kombucha yang asam dan strong di tengggorokan, Scooby ini sangat berbeda. Dia ringan, nyaman dan tidak terlalu asam. Ramah untuk kalian yang tidak suka asam atau baru pertama kali mencoba kombucha.

Agung menjelaska, kkalau varian yang paling banyak di pesan adalah Buah Naga-Nanas.

“Favorit Buah Naga-Nanas, karena rasanya familiar dan warna menarik. Kita ada juga Bunga telang-Lime dan Jahe-lime” terang Agung.

Jadi, ada empat varian rasa.  Kalian bisa membeli kombucha Scooby ini di Antologi Cafe, Memoar Bar, atau langsung ke Instagramnya @scoo_byid. Bisa memesan ukuran 275 ml, 500 ml, hingga 1 liter. Scooby diproduksi di Klaten dan dijual di area Jogja, tapi tetap bisa dikirim ke luar kota.

“Kalau belum dibuka, simpan di kulkas bisa tahan 2 bulan. Jika sudah dibuka, ditutup rapat lagi dan bisa dismpan 1 bulan. Di suhu ruang, 7 hari rasanya sudah berubah. Untuk basi sih gak, cuma rasanya akan berubah menjadi lebih asam," jelas Agung memberikan saran menyimpanan. Kalau rasanya semakin asam, disarankan jangan diminum saat perut kosong ya, terutama jika memiliki masalah lambung.

Selain diminum langsung, kombucha ini juga bisa menjadi bahan untuk membuat minuman lain. Nama keren dan kekiniannya sih mixology. Misalnya kalian membuat moktail dengan bahan kombucha, sirup dan ditambah dengan buah-buahan.

"Bisa jadi salah satu bahan baku di moktail. Disarankan yang original jika untuk bahan baku mixology. Karena lebih mudah dicampur dan gak mempengaruhi rasa,” jelas Agung.

Scooby dikemas di botol yang rapat dengan ditambahi label berisi keterangan rasa dan tanggal pembuatan. Sayangnya belum ada PIRT, BPOM, atau sertifikasi lainnya yang berhubungan dengan produk makanan dan minuman.

Tapi, bisa dijamin produk ini halal dan aman dikonsumsi. Agung menjelaskan, kedepannya akan mengajukan sertifikasi yang dibutuhkan. Bagi yang berminat untuk membeli SCOBY dan membuat kombucha sendiri, Agung juga sangat terbuka untuk membagi ilmunya.

"Kalau mau main boleh, hubungi kita dan lihat bagaimana proses produksinya,” kata Agung. Jadi tidak hanya beli, kamu juga bisa belajar membuat kombucha sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak