facebook

Tidak Hanya Indah, 7 Motif Batik ini Memiliki Makna yang Mendalam

Diat Anugrah
Tidak Hanya Indah, 7 Motif Batik ini Memiliki Makna yang Mendalam
Ilustrasi Batik (pixabay.com)

Batik merupakan warisan budaya asli yang menjadi kebanggaan warga Indonesia. Meskipun sempat diklaim sebagai budaya oleh negara lain, kini batik sudah diakui oleh UNESCO sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia asli Indonesia. 

Selain menjadi kebanggaan warganya sendiri, batik juga sudah sangat populer di luar negeri. Tercatat beberapa tokoh dunia pernah memakai dan menyukai batik Indonesia. Di antaranya ada nama-nama seperti Nelson Mandela, Barack Obama, hingga Bill Gates.

Keindahan berbagai macam corak batik menjadi ciri khas yang membedakannya dari jenis-jenis kain yang lain. Namun, tahukah kamu jika motif-motif tersebut memiliki makna filosofis yang mendalam?

Berikut ini kami rangkum makna dari 7 motif batik paling populer di Indonesia.

1. Batik Parang

Batik Parang adalah batik dengan motif seperti ombak laut yang terus bergerak. Motif batik ini berasal dari Jawa dan diakui sebagai motif yang paling tua. Motif ombak yang tidak pernah berhenti bergerak memberi pesan sekaligus motivasi agar terus berusaha dan pantang menyerah.

2. Batik Mega Mendung

Seperti namanya, batik mega mendung yang berasal dari Cirebon ini memiliki motif seperti awan dan langit. Mendung digambarkan dengan gradasi warna gelap dan terang. Motif yang sangat populer ini memiliki makna kesabaran dan berkepala dingin, sama seperti awan mendung yang sejuk.

3. Batik Kawung

Batik Kawung memiliki motif dasar oval seperti kelapa atau kolang-kaling yang disusun dengan rapi membentuk segi empat. Motif yang sederhana namun indah ini memiliki makna bahwa usaha keras akan membuahkan hasil yang baik. Selain itu, motif batik ini juga memberi peringatan pada kita agar selalu ingat pada asal-usul kita.

4. Batik Sidoasih

Sidoasih berasal dari kata "sido" yang berarti jadi atau terus menerus dan "asih" yang berarti kasih sayang. Maka Batik Sidoasih yang ini menggambarkan kasih sayang yang terus menerus.

5. Batik Alas-Alasan

Alas-alasan berasal dari kata "alas" yang berarti hutan. Sesuai dengan namanya, batik alas-alasan memiliki motif berbagai macam binatang. Motif ini mengingatkan kita agar selalu mawas diri dan bijaksana dalam menjalani hidup.

6. Batik Gurdha Latar Kembang

Batik gurdha latar kembang berarti motif mahkota yang dikelilingi bunga sebagai latar belakangnya. Motif ini memiliki makna sekaligus doa agar pemakainya mendapat kedudukan dan posisi yang baik.

7. Batik Truntum

Batik truntum memiliki motif seperti bintang. Awal mula motif ini adalah ketika Ratu Beruk, istri Pakubuwono III, sesih karena suaminya hendak menikah lagi. Ia lalu merenung sambil menatap bintang-bintang di langit sehingga terciptalah motif batik truntum. Motif batik ini memiliki cinta yang tulus, abadi, dan selalu berkembang.

Itulah makna dari 7 motif batik yang populer di Indonesia. Mana motif batik kesukaan kamu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak