alexametrics

Pantai Krokoh, Surga Tersembunyi di Perbatasan Gunungkidul dan Wonogiri

Rena Murtiviana
Pantai Krokoh, Surga Tersembunyi di Perbatasan Gunungkidul dan Wonogiri
Pantai Krokoh (instagram.com) / voilajogja

Hari libur menjadi momen yang paling dinantikan bagi sebagian besar orang untuk berhenti sejenak dari rutinitas kerja. Hari libur pun banyak dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat wisata yang dapat menyegarkan pikiran.

Berbicara mengenai tempat wisata, tentunya kita ingin mengunjungi destinasi yang menyajikan pemandangan indah dan memiliki spot foto instagramable, bukan? Apabila kamu sedang berada di Yogyakarta, maka objek wisata Pantai Krokoh menjadi pilihan yang tepat.

Sebagian besar mungkin akan merasa asing saat mendengar nama Pantai Krokoh, bahkan bagi masyarakat Jogja sekalipun. Pantai ini masuk dalam daftar pantai yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Meski kamu lebih akrab mendengar nama Pantai Krakal, Pantai Baron, dan Pantai Indrayanti, tapi Pantai Krokoh juga layak masuk dalam bucket list kamu untuk berlibur.

Letak pantai ini berada di perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Namun, Pantai Krokoh secara administratif masih masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun alamat lengkap dari pantai ini berada di Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Krokoh terbilang cukup jauh jika dijangkau dari pusat Kota Jogja. Jarak yang harus ditempuh yakni 88 km atau memakan waktu 2 jam 30 menit. Dibutuhkan tekad yang cukup kuat untuk dapat mengunjungi pantai ini. Jalan menuju pantai ini berupa cor dua jalur yang dapat dilalui motor maupun mobil. Area parkirnya berada dekat dengan tepi pantai.

Namun, lelahnya perjuangan akan terbayarkan begitu sampai di lokasi. Keindahan pantai yang masih terjaga dan suasana alami pantai akan menyambut pengunjung dan siap mengusir segala penat di kepala.

Begitu sampai, kamu akan menyaksikan pantai dengan pasir putih yang bersih dan asri. Area Pantai Krokoh tidak begitu terlalu luas, ombaknya pun cukup besar sehingga tidak disarankan bagi pengunjung untuk bermain air. Saat air surut, kehijauan rumput laut terlihat dan batu karang akan terlihat.

Selayaknya pantai yang masih belum banyak diketahui orang banyak atau wisatawan, Pantai Krokoh masih minim fasilitas. Area parkir yang tersedia pun masih berupa tanah dan tidak dijaga, maka tidak dikenakan biaya parkir sama sekali. Untuk menikmati keindahan Pantai Krokoh, tidak dipungut biaya sepeser pun.

Meskipun cukup sepi pengunjung, tapi tidak lantas kamu lalai menerapkan protokol kesehatan selama berkunjung, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak