facebook

Serunya Berpetualang ke Pantai Ngrawah, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

Rena Murtiviana
Serunya Berpetualang ke Pantai Ngrawah, Surga Tersembunyi di Gunungkidul
Pantai Ngrawah (instagram.com/fauzibobb)

Yogyakarta selalu menjadi tujuan favorit bagi wisatawan. Tak hanya erat dengan budaya, Yogyakarta juga memiliki destinasi wisata alam yang menanti untuk dieksplor. Sebab,  masih banyak  sekali potensi tersembunyi yang dimiliki oleh kota ini.

Pantai Ngrawah menjadi salah satu pantai yang masih tersembunyi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Sebagian orang mungkin akan merasa asing saat mendengar nama Pantai Ngrawah. Lain halnya saat mendengar nama Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti atau Pantai Baron yang sudah menjadi destinasi terkenal di Yogyakarta.  

Meskipun belum populer seperti pantai lainnya di Gunung Kidul, tetapi pantai ini memiliki pemandangan yang sangat memesona. Hamparan pasir dari Pantai Ngrawah tidak terlalu luas, sehingga kamu bisa mengitari pantai ini dari ujung satu ke ujung yang lain dengan mudah.

Terdapat beberapa batu karang yang terdampar di area pantai. Di sisi kanan dan kiri terdapat pula tebing tinggi yang menjorok ke lautan dan mengapit Pantai Ngrawah. Pantai Ngrawah menjadi destinasi wisata yang antimainstream di Yogyakarta. Suasananya masih tenang karena pantai ini relatif sepi pengunjung, bahkan dihari libur sekalipun.

Obiek wisata Pantai Ngrawah jarang disambangi oleh pengunjung karena lokasinya tersembunyi. Pengunjung yang berwisata ke pantai ini sebagian besar adalah para petualang yang gemar mencari hidden beach atau wisatawan yang membutuhkan tempat menyendiri.

Akses jalan menuju ke lokasi pantai belum memadai, sebab itu pantai ini disebut tersembunyi. Untuk tiba di lokasi Pantai Ngrawah, kamu harus berjalan menembus ladang dan perkebunan milik warga. Siapkan fisik yang cukup sebelum memulai perjalanan. Sebab medan yang dilalui cukup sulit yakni tanah berbatu dan naik turun. Perjuangan berjalan kaki ini membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit.

Lelahnya perjalanan akan terbayar tuntas begitu kamu sampai di Pantai Ngrawah. Saat menginjakan kaki di pasir pantai yang putih dan lembut sambil memandang ombak yang bergulung, seketika lelah itu berganti dengan ketenangan serta kedamaian. Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Ngrenehan yang berada di sebelah timur dan Pantai Widodaren yang berada di sebelah barat. Adapun alamat dari Pantai Ngrawah yakni di Desa Kanigoro, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Belum tersedia fasilitas guna menunjang wisata. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan sendiri perlengkapan yang dibutuhkan. Untuk dapat mengunjungi pantai ini, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp 10.000 untuk biaya retribusi. Jumlah tersebut sudah termasuk paket untuk mengunjungi pantai di sekitar. Selain itu, dikenakan biaya tambahan untuk parkir sebesar Rp 3.000.

Jadi, segera agendakan rencana pergi ke Pantai Ngrawah bersama teman-temanmu ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak