alexametrics

Sensasi Camping di Pantai Sedahan, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

Rena Murtiviana
Sensasi Camping di Pantai Sedahan, Surga Tersembunyi di Gunungkidul
Pantai Sedahan (instagram.com/areajogjajateng)

Gunungkidul menjadi salah satu kabupaten yang menyumbang banyak destinasi wisata di Yogyakarta. Pemandangan alam yang disajikan di kabupaten ini sangat menakjubkan, baik dari segi perbukitan maupun pantainya. Jika kamu adalah seseorang yang menyukai tantangan, pecinta kealamian, dan ingin tempat yang sunyi, maka wajib menyambangi Pantai Sedahan.

Sedahan merupakan pantai yang memiliki pasir berwarna putih dan lembut. Ciri khas dari pantai Sedahan adalah terdapat dua tebing karang yang berhadapan, seolah menjadi gerbang antara lautan dan area pantai.

Letak Pantai Sedahan berdekatan dengan Pantai Greweng dan Pantai Wediombo. Adapun alamat lengkap pantai ini yakni di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari pusat Kota Jogja ke Pantai Sedahan sekitar 75 km dengan kisaran waktu tempuh 2 jam perjalanan.

Pantai ini letaknya agak terpencil. Untuk mencapai ke lokasi, terdapat dua pilihan jalur. Pertama, kamu dapat menitipkan kendaraan di parkiran atas yang dekat dengan jalan raya, lalu melanjutkan trekking kurang lebih 30 menit untuk sampai ke pantai.

Pada pilihan kedua, kendaraan bermotor pengunjung dapat dibawa sampai ke lokasi dengan melewati jalanan cor blok sejauh 5 km lagi dari parkiran atas. Akan tetapi, jalur ini sebagian masih berupa batuan. Saat hujan atau pasca hujan, lintasan akan licin dan lebih sulit dilalui. Jika memilih opsi yang kedua, sebaiknya jangan gunakan kendaraan motor matic.

Baik jalur trekking maupun jalan setapak, keduanya patut dicoba karena memberikan sensasi petualangan yang akan menambah pengalaman kamu.

Rute yang dapat kamu lalui yakni bisa melewati Jalan Ringroad Timur atau Ringroad Selatan, lalu ke Jalan Wonosari lurus terus mengikuti jalan sampai di Kecamatan Wonosari. Setelah itu masuk ke Semanu kemudian menuju Giripanggang.

Kemudian melewati Cuelo hingga menjumpai pertigaan lapangan, ambil ke arah kanan. Setibanya di Pasar Jepitu, ambil kanan lagi dan ikuti jalan hingga sampai di penitipan parkir Pantai Greweng dan Sedahan. Kamu dapat mengikuti papan arah yang tersedia untuk sampai ke lokasi.

Dikarenakan lokasinya yang cukup sulit dijangkau, pantai ini belum memiliki cukup fasilitas. Namun sudah tersedia area parkir, warung makan, dan toilet yang dapat kamu gunakan. Selain itu, kamu akan semakin merasakan sensasi kesunyian karena di pantai ini belum terjangkau sinyal provider.

Berkemah di Pantai Sedahan akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan akan selalu terkenang. Kapan nih kamu berencana camping di Pantai Sedahan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak