facebook

Mengenal 6 Makanan Indonesia Lewat Film Aruna dan Lidahnya

ALIMMUL FATTAH
Mengenal 6 Makanan Indonesia Lewat Film Aruna dan Lidahnya
Foto film Aruna dan Lidahnya (imdb)

Aruna dan Lidahnya merupakan film dari adaptasi novel karangan Laksmi Pamuntjak yang berjudul sama, dan dibintangi oleh para aktor serta aktris kondang seperti Dian Sastro, Nicholas Saputra, Hannah Al-Rasyid, hingga Oka Antara.

Film Aruna dan Lidahnya rilis pada 27 September 2018 lalu, digarap oleh Palari Films dan menunjuk Edwin sebagai sutradaranya. Film ini memenangi dua dari sembilan nominasi Festival Film Indonesia 2018 serta dinominasikan di delapan kategori Piala Maya 2018.

Hal menarik dari film ini adalah menggunakan makanan dari berbagai penjuru Indonesia sebagai tema dan dipadukan ke dalam alur cerita, berfokus pada persahabatan dua wanita dan dua pria yang bekerja menyelidiki dugaan kasus flu burung, sambil kulineran hampir ke seluruh penjuru negeri. Total ada 21 makanan yang muncul di dalam film Aruna dan Lidahnya ini. Berikut beberapa di antarabya.

1.  Rawon

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur, tepatnya Surabaya. Masakan ini menjadi hidangan pertama yang mereka santap dalam petualangannya. Sajian Daging dengan kuah pekat yang berasal dari kluwek ini menjadi menu wajib yang harus dicoba ketika berkunjung ke kota Surabaya. 

2.  Rujak Soto

Rujak Soto ini adalah sayuran yang berbumbu kacang seperti rujak biasa, kemudian disiram dengan kuah soto yang masih panas dan diberi potongan cingur. Sebenarnya makanan ini berasal dari Banyuwangi, tetapi  di film ini mereka menyantap hidangan ini di kota Surabaya, tepat setelah mereka menyantap hidangan pertama yaitu Rawon. 

3.  Campor Lorjuk

Lorjuk adalah sejenis kerang laut yang hanya ada di pesisir Madura, sekilas bentuknya mirip kerang bambu. Campor Lorjuk jika dilihat mirip seperti soto. Namun, bedanya adalah pada kuahnya, kuah Campor Lorjuk memiliki campuran petis didalamnya. Isian Campor Lorjuk ada lontong, soun, kacang, petek, tauge dan lorjuk itu sendiri.

4.  Soto Lamongan

Soto Lamongan sangat mudah kita jumpai di manapun. Soto Lamongan terkenal dengan kuah bening segar, suwiran ayam, dan bumbu koya yang membuat kuah kaya akan rasa. Hidangan ini cocok dimakan kapan saja, baik pagi, siang, ataupun malam. 

5.  Pengkang

Pengkang merupakan makanan khas dari Pontianak, Kalimantan Barat. Makanan ini mirip dengan lemper, terbuat dari ketan dibungkus dengan daun pisang dan proses memasaknya adalah dibakar menggunakan kayu atau batok kelapa. 

6.  Choi Pan

Choi Pan merupakan makanan yang berasal dari Singkawang. Kue khas gurih dari Kalimantan Barat ini merupakan sebuah camilan yang mengenyangkan. Kukit choi pan terbuat dari tepung beras, diisi dengan bengkoang, talas, atau kucai. Kemudian dikukus dan disiram dengan minyak bawang putih goreng.

Itulah beberapa makanan Indonesia yang muncul dalam film Aruna dan Lidahnya. Favorit kalian nomor berapa?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak