alexametrics

Penjelasan Singkat Tentang NFT, Karya Digital, dan Hak Milik

Daffa AlSandi
Penjelasan Singkat Tentang NFT, Karya Digital, dan Hak Milik
Ilustrasi NFT, cara menjual NFT di OpenSea (Freepik)

Sebelum membahas NFT, kita kenalan dulu dengan 3 Istilah ini:

1. BLOCKCHAIN

Blockchain adalah sistem kontrak yang digunakan dalam NFT. Sistemnya Decentralized jadi sangat aman dari kebocoran data karena ribuan komputer itu letaknya berbeda-beda tapi masih saling terhubung.Decentralized itu kayak pemilihan presiden. Contohnya, kotak suaranya ada diseluruh Indonesia tapi pada akhirnya menjadi 1 kotak pemilihan.

2. CRYPTO

Crypto adalah mata uang baru yang bisa dibilang menggantikan dollar pada zaman sekarang, Cryptocurreny mempunyai banyak jenis tapi untuk NFT yang paling bagus adalah Ethereum atau ETH.

3. METAVERSE

Metaverse adalah dunia virtual 3D terbaru yang direlease oleh Facebook yang penggunanya harus menggunakan Virtual Reality Tools untuk memasukin dunia Metaverse. Jadi ketika memasuki dunia Metaverse kita bisa berinteraksi langsung dengan teman, sahabat, atau saudara kita. Nah, jika Metaverse ini sudah mulai meluas keseluruh dunia nantinya NFT bisa dipajang di meseum Metaverse tersebut.

Sekarang kita mulai masuk kepembahasan singkat yaitu Apa itu NFT?

NFT adalah Non-Fungible Token atau bisa dibilang  token yang tidak dapat ditukarkan. Lebih mudahnya, NFT itu karya original digital yang tidak bisa ditiru karena mempunyai nilai dan keunikan tersendiri. Didalam NFT itu sendiri ada yang namanya marketplace yaitu untuk membeli atau menjual karya digital kita.

Nah untuk marketplace NFT selalu menggunakan OpenSea, kenapa OpenSea ? Karena itu adalah marketplace pertama NFT dan terbesar. Di OpenSea terdapat 2 Blockchain, yaitu Ethereum dan Polygon.

Kenapa harus beli? Kan bisa di screenshoot?

Jadi gini, NFT itu bukan hanya jual atau beli karya digital saja tetapi juga sekalian membeli hak miliknya. Hak milik tersebut akan dicatat oleh Blockchain yang tidak bisa diedit atau dibajak orang lain. Untuk memastikan keasliannya NFT yang ada di OpenSea itu yang ada logo atau link Twitter.

Apakah dengan bermain NFT bisa mendapat keuntungan?

Jawabanya iya. Skenarionya kira-kira seperti ini ketika NFT kita dibeli orang:

1. Aldo membeli NFT Dimas seharga $1(14rb),

2. Kemudian Aldo menjual kembali NFT yang baru dibeli dari Dimas seharga $100(1.4jt),

3. Kemudian NFT tersebut dibeli oleh Bayu,

4. Nah setelah terjual si pembuat karya (Dimas) akan mendapatkan komisi 10% dari hasil penjualan si Aldo.

Menjual ulang NFT dengan harga yang lebih tinggi dinamakan FLIP atau RELIST.

Demikian penjelasan tentang NFT, karya digital, dan hak miliknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak