facebook

4 Fakta Ghana, Negara Penghasil Emas Terbesar Se-Afrika

Ahmad Irfan Ramadhan
4 Fakta Ghana, Negara Penghasil Emas Terbesar Se-Afrika
Peta dan Bendera Ghana (Unsplash.com/Pawel Gaul)

Ghana adalah negara yang terletak di bagian barat Benua Afrika. Ibukota Ghana adalah Accra. Ghana adalah negara yang dijuluki "pesisir emas" karena sumber daya alam berupa emas yang menjadi salah satu penyumbang ekspor terbesar negara tersebut dan menjadi negara penghasil emas terbesar di Afrika. Dahulunya, Ghana adalah salah satu negara jajahan Inggris dan sekarang menjadi anggota negara persemakmuran Inggris (commonwealth), tak heran jika bahasa resmi negara ini adalah bahasa Inggris. Ghana memiliki beragam fakta dan keunikan yang hanya dapat dijumpai di negara ini. Menyadur dari bigseventravel.com berikut 4 fakta negara Ghana.

1. Dahulu Ghana dikenal dengan nama The Gold Coast

Bukti arkeologis menunjukkan pendudukan manusia di Ghana saat ini sudah ada sejak zaman perunggu. Namun, sebagian besar negara itu tidak berpenghuni hingga abad ke-11. Kemudian, Suku Akan menduduki Ghana pada 1200-1600 M. Saat ini, mereka adalah kelompok etnis terbesar di negara itu. Orang Portugis datang ke Ghana pada abad ke-15 dan mendirikan pos perdagangan untuk berdagang emas dengan Suku Akan.

Pada tahun 1874, Inggris pertama kali datang ke wilayah tersebut dan memproklamirkan Ghana sebagai koloni Inggris pada tahun 1875. Inggris terkesan dengan sumber daya emas di daerah ini dan menjuluki wilayah ini sebagai “Gold Coast Colony”.

2. Ghana memiliki arti "Raja Prajurit"

Pada tanggal 6 Maret 1957, Ghana menjadi negara sub-Sahara pertama dan negara Afrika kulit hitam pertama yang memperoleh kemerdekaan dari pemerintahan kolonial. Pada saat yang sama, negara ini mengubah namanya menjadi Ghana yang berarti Raja Prajurit dalam bahasa Mande.

3. Ghana menjadi produsen emas terbesar di seluruh Afrika

Sesuai dengan nama lamanya (Gold Coast Colony), emas menyumbang hampir setengah dari keseluruhan ekspor Ghana. Negara ini adalah produsen emas terbesar di Afrika dan produsen emas terbesar ke-8 di dunia.

4. Kain Kente berasal dari Ghana

Kain Kente adalah salah satu produksi tekstil Ghana yang terbuat dari potongan-potongan kain tenunan tangan, potongan sutra dan katun. Kain ini berasal dari kota Bonwire. Ada ratusan jenis pola kente. Budaya Afrika Barat ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan Kain Kente menjadi populer di kalangan bangsawan Suku Akan pada abad ke-17 selama Kekaisaran Ashanti. Saat ini, Kain Kente digunakan orang-orang dalam pesta pernikahan dan acara-acara khusus lainnya.

Itulah tadi 4 fakta negara Ghana. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak