facebook

4 Rekomendasi Novel Terjemahan di Eperpusdikbud, Petualangan hingga Misteri

Eko Saputra
4 Rekomendasi Novel Terjemahan di Eperpusdikbud, Petualangan hingga Misteri
novel Lelaki Tua dan Laut (instagram.com/penerbitkpg)

Eperpusdikbud merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dipersembahkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Platform ini menyediakan banyak buku digital yang dapat dipinjam dan dibaca secara gratis. 

Nah, buat kamu yang mencari bacaan, berikut ini 4 rekomendasi novel terjemahan di Eperpusdikbud, mulai dari petualangan hingga misteri.

1. Sang Alkemis karya Paolo Coelho

novel Sang Alkemis (twitter.com/fiksigpu)
novel Sang Alkemis (twitter.com/fiksigpu)

Sang Alkemis atau The Alchemist atau O Alquimista merupakan salah satu karya terbesar dari Paulo Coelho. Novel ini pertama kali terbit di Brazil pada 1988. Menceritakan seroang gembala bernama Santiago yang melakukan petualangan menakjubkan mencari harta karun tersembunyi yang kerap hadir dalam tidur. 

Bermula dari mimpi berulang kali yang dialami Santiago saat tidur di reruntuhan gereja, ia pun menjual domba-dombanya dan memulai perjalanan. Gembala itu bertualang dari Spanyol ke Tangier di Maroko,  kemudian melintasi gurun pasir dan sampai ke Piramida Mesir. 

Di perjalanan, Santiago bertemu dengan Sang Alkemis yang memberinya banyak petunjuk di mana harta karun itu berada. Dari Sang Alkemis pula gembala itu banyak belajar tentang cinta, harapan, keteguhan, serta kesabaran menggapai cita-cita.

2. Lelaki Tua dan Laut karya Ernest Hemingway

novel Lelaki Tua dan Laut (instagram.com/penerbitkpg)
novel Lelaki Tua dan Laut (instagram.com/penerbitkpg)

Lelaki Tua dan Laut atau yang berjudul asli The Old Man and the Sea merupakan novel pendek karangan Ernest Hemingway yang berhasil memenangkan penghargaan Pulitzer pada 1953. Cerita yang terbit pertama kali tahun 1952 ini merupakan karya terakhir Hemingway sebelum kematiannya pada 1961.

Novel ini bercerita tentang seorang nelayan tua bernama Santiago yang melaut seorang diri. Selama 84 hari, ia belum mendapat seekor ikan pun. Pada hari ke-85, nasib baik menghampirinya. Seekor ikan yang luar biasa besar menggigit kail pancingnya. Tetapi nasib baik itu hanya sementara, ikan itu terlalu berat untuk ditarik dan malah menarik perahu. 

Tidak ingin talinya putus, Santiago membiarkan ikan itu membawanya ke mana saja di tengah luasnya lautan. Buku ini menampilkan pergulatan batin si Lelaki Tua. Terkadang ia ragu, tetapi kemudian yakin dan percaya.

3. Pembunuhan di Orient Express karya Agatha Christie

novel Pembunuhan di Orient Express (instagram.com/ilovebook)
novel Pembunuhan di Orient Express (instagram.com/ilovebook)

Pembunuhan di Orient Express atau Murder on the Orient Express merupakan novel ke-16 karangan Agatha Christie yang terbit pertama kali pada 1934 di Britania Raya. Novel misteri ini kembali menghadirkan detektif ternama asal Belgia, Hercule Poirot.

Kali ini, Poirot sedang menaiki kereta Orient Express dari Istabul ke London. Seorang pengusaha Amerika, Edward Ratchett kemudian menghampiri Poirot dan meminta perlindungan darinya. Ratchett merasa ada yang menguntitnya di kereta ini dan mungkin berniat membunuhnya. Namun, Poirot yang sedang ingin mengistirahatkan pikiran menolak permintaan Ratchett.

Esoknya, Ratchett ditemukan tewas dalam kompartemennya dengan belasan luka tusuk dan pintu yang terkunci dari dalam. Saat itu, kereta sedang terhenti akibat gundukan salju. Berarti si pembunuh masih di dalam. Mau tidak mau, Hercule Poirot harus menemukan siapa pelakunya.

4. Penelusuran Benang Merah karya Sir Arthur Conan Doyle

novel Penelusuran Benang Merah (instagram.com/warungsastra)
novel Penelusuran Benang Merah (instagram.com/warungsastra)

Penelusuran Benang Merah atau yang berjudul asli A Study in Scarlet merupakan cerita pertama yang memperkenalkan pembaca pada karakter fiktif buatan Conan Doyle, Sherlock Holmes. Holmes merupakan seorang detektif swasta karismatik yang sering dimintai bantuan oleh kepolisian Scotland Yard dalam menangani kasus-kasus rumit di London. 

Novel yang pertama kali terbit pada 1887 ini menceritakan perkenalan Sherlock Holmes dengan sahabatnya, dr. Watson. Mereka berbagi tempat tinggal yang sama. Mulanya Watson dibuat bingung oleh keeksentrikan Holmes. Bahkan ia baru mengetahui pekerjaan Holmes sebagai detektif beberapa waktu kemudian karena memang Holmes sendiri tidak pernah memberi tahu. 

Suatu hari, kepolisan Scotland Yard datang ke apartemen mereka dan meminta bantuan untuk menangani kasus kematian misterius di jantung kota London. Petualangan Sherlock Holmes dan dr. Watson pun dimulai.

Nah, itulah 4 novel terjemahan yang dapat kamu baca secara gratis di Eperpusdikbud, mulai dari novel petualangan hingga misteri dan kriminal. Dari 4 novel di atas, tertarik baca yang mana saja?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak