5 Sila Pancasila, Ideologi NKRI yang Mampu Mempersatukan Bangsa Indonesia

Wahyu Astungkara
5 Sila Pancasila, Ideologi NKRI yang Mampu Mempersatukan Bangsa Indonesia
Ilustrasi PANCASILA (Freepik)

PANCASILA merupakan dasar negara kita, Indonesia, yang memiliki peran krusial menyatukan bangsa yang besar ini. Dalam lima silanya, terkandung makna filosofis yang menggambarkan semangat inklusifitas, demokratis, dan keadilan yang menjadi penjaga persatuan dan kesatuan keragaman bangsa. Berikut makna Pancasila berdasarkan uraian "Sejarah Singkat Lahirnya PANCASILA" dari sumber Setneg.go.id

1. Ketuhanan Yang Maha Esa 

Menegaskan pentingnya keyakinan dan hubungan manusia dengan Tuhan. Meskipun Indonesia memiliki beragam agama dan keyakinan, prinsip ini mengajarkan kita untuk menghormati dan menghargai keberagaman serta memupuk sikap toleransi antarumat beragama. Hal ini menegaskan kepada setiap warga Indonesia dengan latar belakang agama yang berbeda-beda agar memiliki kemampuan untuk hidup berdampingan dalam harmoni.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Menempatkan martabat manusia sebagai inti dari pembangunan nasional. Prinsip ini mendorong pemerintah dan masyarakat untuk melindungi hak asasi manusia, memerangi segala bentuk diskriminasi, serta mewujudkan keadilan sosial bagi semua warga negara Indonesia. Dengan mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, Pancasila memastikan kesetaraan dan keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat.

3. Persatuan Indonesia

Landasan bagi kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, etnis, dan budaya yang begitu majemuk. Pancasila menekankan pentingnya membangun solidaritas, menghormati perbedaan, dan menumbuhkan rasa cinta tanah air. Melalui persatuan, negara kita Indonesia bisa menghadapi tantangan dan mencapai kemajuan.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan 

Menegaskan pentingnya sistem demokrasi dalam pemerintahan. Pancasila menghargai suara rakyat sebagai landasan legitimasi pemerintah. Dalam konteks ini, kebijaksanaan dan musyawarah menjadi prinsip penting dalam pengambilan keputusan. Hal Ini sejatinya ingin memastikan bahwa kepentingan dan aspirasi masyarakat diakomodir dan keputusan-keputusan yang diambil oleh negara melalui proses yang adil.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia 

Menekankan pentingnya redistribusi kesejahteraan dan kesempatan secara adil. Prinsip ini mengarah pada upaya pengurangan kesenjangan sosial dan kemiskinan, serta mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa memiliki peran sentral mempersatukan seluruh Indonesia yang sangat majemuk. Dengan menjaga keberagaman, menghargai hak asasi manusia, membangun persatuan, menerapkan prinsip demokrasi, dan mewujudkan keadilan sosial, Pancassila menjadi pondasi kuat bagi kejayaan bangsa Indonesia.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Hikmawan Firdaus

Tampilkan lebih banyak