facebook

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Menerima 50 Bibit Pohon dari DLH Kota Semarang

Khoirul
Mahasiswa KKN UIN Walisongo Menerima 50 Bibit Pohon dari DLH Kota Semarang
Penerimaan bibit pohon bersama kepala DLH kota Semarang (Doc/khoirulmustofa).

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (KKN MIT DR) Ke-XII kelompok 2, Univesitas Islam Negeri atau UIN Walisongo Semarang, menerima bibit pohon dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang, Jawa Tengah.

Bibit pohon dari Dinas Lingkungan Hidup setempat tersebut dimaksudkan untuk melakukan penghijauan di daerah Mijen. Penyerahan bibit  pohon tersebut dilangsungkan pada Jumat (13/7/2021) sekira pukul 11.00 WIB.

Kegiatan penerimaan bibit pohon tersebut diterima oleh Mustofa (koordinator), Faqih, dan Anil selaku anggota kelompok secara simbolis.

Para mahasiswa disambut langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono beserta para pegawainya.

Bibit pohon dari Dinas Lingkungan Hidup tersebut kemudian diangkut dengan pick up, dan dikirimkan menuju ke rumah Niken (sekretaris kelompok KKN) yang berada di Dukuh Kaligetas, Jatibarang, Mijen, Semarang.

Bibit pohon yang diterima mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang berjumlah 50, terdiri dari 25 buah sukun dan 25 pohon Trembesi.

Penanaman bibit pohon tersebut sesuai rencana akan dilakukan di daerah Kelurahan Jatibarang, Mijen Kota Semarang pada Jumat, tanggal 20 Agustus 2021 nanti.

Hal tersebut relevan dengan program dari Dinas Lingkungan Hidup yang mengupayakan setiap hari Jumat, secara rutin, akan dilakukan aksi penanaman pohon.

“Iya mas, di sini setiap hari Jumat pasti menanam pohon," ujar Kepada Dinas Lingkungan Hidup, Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono, ketika ditanya Mustofa selaku koordinator kelompok KKN.

Mengenai kenapa setiap hari Jumat, kepala Dinas Lingkungan Hidup memiliki jawaban, yakni karena Jumat adalah hari berkah.

“Iyakan Jumat berkah mas,” ucapnya, yang kemudian memperlihatkan pakaian yang kotor karena baru saja melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove di wisata mangrove Tapak Semarang, Jawa Tengah.

Sebelumnya, sekretaris dari kelompok 2 KKN UIN Walisongo mengajukan proposal ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang.

Proposal sebagaimana diajukan tersebut kemudian disetujui, sampai akhirnya mahasiswa KKN UIN Walisongo bisa menerima bantuan bibit pohon guna ikut penghijauan di daerah Mijen.

Semoga dengan kegiatan ini, upaya penghijauan di Kota Semarang bisa semakin kembali gencar dan menjadi fokus perhatian.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak