alexametrics

Ketahui, Ini 4 Jenis Ikan Kaya Kandungan Asam Lemak Omega-3

Hayuning Ratri
Ketahui, Ini 4 Jenis Ikan Kaya Kandungan Asam Lemak Omega-3
Ilustrasi hidangan ikan (Unsplash/Jongsun Lee)

Kandungan asam lemak omega-3 dalam makanan yang dikonsumsi oleh tubuh memberikan sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh.

Suara.com - Kandungan asam lemak omega-3 dalam makanan yang dikonsumsi oleh tubuh memberikan sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh. Para ahli menyarankan setiap orang untuk mengonsumsi ikan dengan kandungan omega-3 minimal 250-500 miligram omega-3 per hari bagi orang dewasa.

Asam lemak omega-3 dengan kadar yang tinggi dapat ditemukan pada ikan yang berlemak. Terdapat tiga jenis utama asam lemak omega-3 diantaranya ALA, DHA, dan EPA. Ikan berlemak mengandung asam lemak jenis DHA dan EPA. Berikut ini terdapat beberapa jenis ikan yang mengandung omega-3 tinggi, melansir dari Halodoc.

1. Ikan tenggiri

Ikan tenggiri termasuk ikan kecil yang berlemak. Ikan tersebut mudah untuk diolah misalnya dengan diasap atau menjadi campuran dalam adonan pempek. Ikan tenggiri memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Porsi terbaiknya yaitu 100 gram, dengan 200 persen dari Referensi Daily Intake (RDI) untuk vitamin B12 dan 100 persen untuk selenium. Kandungan omega-3 utuh terbaik apabila disajikan sebanyak 4,107 mg per porsi pada satu potong ikan tenggiri atau setara 5.134 mg.

2. Salmon

Salmon sudah dikenal sebagai ikan yang kaya akan omega-3. Kandungan protein yang berkualitas tinggi dan beragam nutrisi, seperti vitamin D, selenium, dan vitamin B dapat menyehatkan tubuh. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang teratur makan ikan berlemak, misalnya salmon, dapat mencegah terkena penyakit jantung, demensia, dan depresi.

3. Ikan kod

Minyak hati ikan kod mempunyai kandungan omega-3, vitamin D, dan vitamin A. Mengonsumsi satu sendok makan minyak ikan kod, sudah mampu mencukupi kebutuhan tiga nutrisi penting dalam tubuh. Akan tetapi, jangan berlebihan dalam mengonsumsi minyak ikan tersebut karena dapat berbahaya untuk kesehatan.

4. Ikan sarden

Ikan sarden termasuk ikan kecil berlemak. Perlu diketahui, ikan tersebut memiliki nilai gizi yang tinggi. Dalam 100 gram ikan sarden kering, terdapat lebih dari 200 persen RDI bagi vitamin B12, 24 persen vitamin D, dan 96 persen untuk selenium.

Nah, itulah beberapa jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan dapat menyehatkan tubuh. Usahakan untuk dapat makan ikan paling tidak dua kali dalam seminggu dengan jumlah satu porsi sekitar 100 gram ikan matang. Semoga bermanfaat.