alexametrics

Wanita Wajib Tahu, Ini 3 Tips Sederhana Usir Keputihan yang Berbau

Hayuning Ratri
Wanita Wajib Tahu, Ini 3 Tips Sederhana Usir Keputihan yang Berbau
Ilustrasi menjaga vagina. (Unsplash/Ava Sol)

Keputihan sebenarnya wajar dialami oleh wanita. Hal ini dikarenakan keputihan adalah salah satu proses yang ada dalam sistem reproduksi wanita. Namun demikian, terkadang keputihan membawa persoalan tersendiri bagi wanita dengan timbulnya bau tak sedap di area vagina.

Penyebab dari keputihan yang berbau tak sedap biasanya karena bakteri yang terdapat di sekitar vagina. Untuk mengatasi persoalan tersebut, inilah tiga tips sederhana yang dapat kamu terapkan, mengutip dari Halodoc.

1. Menjaga kebersihan vagina

Kebersihan vagina adalah hal yang utama untuk mencegah keputihan yang berbau. Pastikan untuk selalu membasuh vagina dengan air mengalir dari arah depan ke belakang agar bakteri yang ada pada anus tidak berpindah menuju vagina.

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengeringkan area vagina dengan handuk atau kain bersih agar tidak terlalu lembap. Kondisi vagina yang lembap dapat menjadi sarang bagi bakteri penyebab bau tak sedap.

2. Hindari memakai sabun kewanitaan

Sebenarnya organ vagina sudah mampu secara mandiri membersihkan dirinya sendiri. Kamu hanya perlu membersihkannya dengan air bersih untuk mengatasi bau yang tak sedap. Akan tetapi, beberapa orang memilih untuk memakai sabun kewanitaan untuk menutupi bau asli vagina.

Padahal, banyak sabun kewanitaan yang beredar di pasaran tidak mempunyai pH yang sama dengan area vagina. Lebih lanjut, beberapa sabun kewanitaan mengandung pewangi dengan bahan kimia yang dapat merusak keseimbangan pH alami dalam vagina. Hal ini justru dapat membuat bakteri mudah untuk berkembang biak. Oleh sebab itu, air hangat saja sudah cukup untuk membasuh vagina.

3. Rutin mengganti pakaian dalam

Area selangkangan yang berlipat membuat mengeluarkan bau yang tak sedap saat berkeringat. Oleh karena itu, usahakan untuk dapat rutin mengganti pakaian dalam. Cobalah untuk memakai pakaian dalam dengan bahan 100% katun.

Nah, itulah beberapa tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi keputihan yang membuat bau tak sedap di area vagina. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak