facebook

Pasca Lebaran, Ini 4 Kiat Mengatasi Kolesterol Berlebih

Hayuning Ratri
Pasca Lebaran, Ini 4 Kiat Mengatasi Kolesterol Berlebih
Ilustrasi makanan cegah kolesterol berlebih (Pexels/Jane D.)

Beragam hidangan makanan yang disajikan pada hari kemenangan dapat menjadi persoalan jika konsumsinya tidak diperhitungkan. Makanan yang bersantan dan mengandung banyak lemak dapat memicu kolesterol dalam tubuh menjadi naik.

Kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit jantung atau penyakit stroke. Oleh sebab itu, berikut ini terdapat sejumlah kiat yang dapat dilakukan untuk mencegah hal itu, melansir Halodoc.

1. Mengontrol porsi makan

Setelah satu bulan lamanya berpuasa, jangan jadikan momen setelah lebaran menjadi waktu yang tepat balas dendam dengan bebas makan apapun. Perlu diingat bahwa mengonsumsi beragam makanan saat lebaran dapat memicu kadar kolesterol naik.

Oleh karena itu, penting untuk mengontrol porsi makan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara makan secara bertahap dan perlahan dengan porsi makan lebih kecil dan frekuensi yang lebih sering. Kiat ini dapat membantu pencernaan untuk beradaptasi dengan pola makan seperti saat biasa sebelum puasa.

2. Menyeleksi jenis makanan yang dikonsumsi

Memilih dan memilah jenis makanan sebelum dikonsumsi penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Hindari untuk mengonsumsi makanan berlemak tinggi seperti kulit ayam dan daging berlemak. Pasalnya, hal itu dapat membuat kadar kolesterol jahat (LDL) meningkat tajam.

Usahakan untuk makan daging yang mengandung sedikit lemak atau ayam tanpa kulit sebagai menu makanan. Selain itu, memilih ikan laut yang kaya akan omega-3 juga bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

3. Olah makanan dengan cara yang tepat

Cara memasak suatu makanan juga perlu mendapat perhatian lebih untuk mencegah kolesterol tinggi. Proses memasak yang dianjurkan adalah dengan cara kukus, rebus, dan panggang lebih baik daripada menggoreng. Hal ini disebabkan makanan yang digoreng mengandung lemak trans yang membuat kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh meningkat. Jika ingin menggoreng sebaiknya gunakan minyak zaitun, minyak canola, minyak kenari, atau minyak almond. Namun demikian, hindari menggoreng dengan metode deep frying.

4. Mengonsumsi sayur dan buah

Jangan lupakan untuk mengonsumsi sayur dan buah yang baik sebagai sumber serat. Kandungan serat tersebut dapat membantu melancarkan pencernaan dan menimbulkan perut lebih kenyang lama sehingga terhindar dari konsumsi makanan berlebihan.

Nah, itulah kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk menghindari lonjakan kolesterol dalam tubuh setelah lebaran. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak