alexametrics

4 Kebaikan Konsumsi Telur Rebus untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan!

Hayuning Ratri
4 Kebaikan Konsumsi Telur Rebus untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan!
Ilustrasi telur rebus. (Pexels/Jane D.)

Telur dikenal luas sebagai salah satu bahan pangan dengan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Telur juga menjadi salah satu lauk favorit bagi sebagian besar orang.

Mengolah telur dengan cara direbus lebih dianjurkan daripada digoreng. Berikut ini terdapat sejumlah kebaikan yang dapat diperoleh dari telur rebus untuk kesehatan, melansir Indian Express:

1. Meningkatkan energi tubuh

Telur diketahui mempunyai indeks kenyang yang tinggi sehingga tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Dalam satu butir telur mampu mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi dan berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh, kecuali vitamin C. Inilah alasannya menu sarapan jus buah atau jeruk bersama telur dan roti gandum menjadi salah satu pilihan yang tepat.

2. Memenuhi kebutuhan zat besi

Zat besi berfungsi membawa oksigen dalam darah dan berperan dalam kekebalan, metabolisme energi, dan sebagainya. Kuning telur mengandung zat besi yang mudah untuk diserap oleh tubuh daripada sumber zat besi lainnya.

3. Membantu menurunkan berat badan

Sarapan dengan telur dilengkapi roti panggang mempunyai indeks rasa kenyang mencapai 50% lebih tinggi dibandingkan sereal. Oleh sebab itu, menu tersebut cocok bagi yang sedang menjalankan program diet dan ingin menurunkan berat badan.

4. Membantu perkembangan otak

Telur mengandung kolin yang baik bagi tubuh. Kolin berperan penting sebagai nutrisi yang memfasilitasi perkembangan otak pada janin dan bayi yang baru lahir. Dalam satu butir telur per hari dapat menyediakan 28 persen dari kebutuhan ibu hamil. Selain itu, kolin bermanfaat untuk fungsi memori hingga usia tua.

Nah, itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi telur rebus bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak