alexametrics

3 Makanan Hitz Ini Mengandung Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Sate Taichan

Hayuning Ratri
3 Makanan Hitz Ini Mengandung Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Sate Taichan
Ilustrasi sate. (Pixabay.com/Palgunadi nadiguun)

Siapa yang gemar kulineran? Mencicipi makanan yang baru hitz adalah sebuah kepuasan tersendiri untuk menjawab rasa penasaran. Namun, jangan lupa untuk memperhitungkan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh agar kesehatanmu dapat terjaga.

Berikut ini terdapat beragam makanan hitz yang ternyata mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi, melansir Klikdokter.

1. Salted egg chicken

Sajian salted egg chicken tentu sangat menggugah rasa ingin segera melahap makanan ini. Siapa yang tidak tergoda dengan rasa gurih dari saus telur asin yang berpadu dengan potongan daging ayam goreng? Akan tetapi, perlu diingat bahwa makanan ini mengandung kolesterol yang tergolong cukup tinggi.

Dalam satu kuning telur asin dapat mengandung kolesterol hingga 187 mg. Jumlah ini sudah melebihi setengah dari batas konsumsi kolesterol harian yang dianjurkan yakni sebanyak 300 mg. Hal ini belum termasuk dengan daging ayam, kulit, ayam, dan minyak goreng yang digunakan. Jika diperkirakan, total kolesterol untuk satu porsi salted egg chicken dapat mencapai kisaran 200-300 mg.

2. Sate taichan

Sate taichan yang mungil terkadang membuat orang menjadi kalap mata. Padahal, sate taichan ini mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Dalam lima tusuk sate yang dibakar tanpa saus, sudah terdapat lemak jenuh sebanyak 20 gram yang berkontribusi membuat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat.

Biasanya setiap tusuk sate taichan dilengkapi dengan lemak sebagai penyedap rasa. Apabila satu tusuk sate memakai 10 gram lemak, sementara konsumsi sate taichan mencapai 15 tusuk sate, artinya sudah terdapat 150 mg kolesterol yang masuk ke dalam tubuh.

3. Seblak

Seblak adalah makanan khas Bandung yang menjadi favorit bagi banyak orang. Seblak mempunyai toping yang beragam diantaranya kerupuk, sosis, bakso, udang, telur, mie, dan sebagainya. Kenapa seblak dapat menjadi salah satu makanan dengan kolesterol tinggi? Berikut ini sejumlah alasannya.

Seblak biasanya dimasak dengan minyak sayur. Padahal, dalam 100 gram minyak sayur bisa mengandung 100 gram lemak di mana hampir 70 persennya termasuk lemak jenuh. Selanjutnya, jika terdapat 5-6 butir bakso, maka akan menyumbang kolesterol sekitar 84 mg.

Apalagi jika ditambah dengan seafood seperti udang yang dapat memperbanyak kolesterol hingga 138 mg. Oleh sebab itu, kandungan kolesterol dalam satu mangkok seblak ditaksir dapat mencapai lebih dari 300 mg.

Nah, itulah beberapa jenis makanan kekinian yang sebenarnya mengandung kolesterol cukup tinggi. Tak apa untuk mengonsumsinya sesekali, asal jangan terlalu sering. Selain itu, imbangi dengan olahraga yang rutin dan pola makan sehat untuk menjaga tubuh tetap prima.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak