alexametrics

Awas! Ini 4 Risiko Makan Nanas Berlebihan

Hayuning Ratri
Awas! Ini 4 Risiko Makan Nanas Berlebihan
Ilustrasi nanas. (Pexels.com/Carlo Martin Alcordo)

Nanas termasuk buah yang memiliki cita rasa cenderung asam, sehingga bisa menyegarkan. Buah ini dapat menyehatkan tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Akan tetapi, jika konsumsi nanas dlakukan secara berlebihan, maka hal ini akan menimbulkan sejumlah risiko bagi tubuh.

Berikut ini beberapa risiko yang dapat terjadi apabila makan nanas secara berlebihan, mengutip Klikdokter.

1. Asam lambung meningkat

Nanas yang dikonsumsi melebihi batas wajar dapat mengakibatkan asam lambung meningkat. Kondisi ini dapat diperparah jika seseorang sudah memiliki riwayat penyakit maag sebelumnya.

2. Membuat enamel gigi menipis

Menurut keterangan dr. Valda, kandungan dalam buah nanas dapat menurunkan pH menjadi lebih asam. Hal ini meningkatkan risiko enamel gigi menjadi rusak, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Enamel gigi yang menipis dapat membuat gigi menjadi sensitif atau berlubang.

3. Alergi

Nanas mengandung asam yang cukup tinggi hingga biasa digunakan untuk melunakkan daging. Fakta ini bagi sebagian orang dapat memicu terjadinya reaksi alergi. Umunya, reaksi alergi akibat nanas dapat menghilang dengan sendirinya setelah beberapa jam. Akan tetapi, dalam beberapa kasus yang parah, alergi yang ditimbulkan membutuhkan penanganan dari medis sesegera mungkin.

4. Meningkatkan kadar gula darah

Meskipun rasanya cenderung asam, nanas sebenarnya mengandung gula alami yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, jangan sampai mengonsumsi nanas secara berlebihan karena berisiko meningkatkan kadar gula darah. Gejala yang dapat dirasakan saat kadar gula darah tinggi diantaranya sakit kepala, haus berlebihan, dan sering buang air kecil.

Nah, itulah sejumlah risiko yang membahayakan tubuh jika mengonsumsi nanas hingga berlebih. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak