alexametrics

Bumil Harus Tahu, Ini 5 Kebaikan Kembang Kol bagi Kesehatan

Hayuning Ratri
Bumil Harus Tahu, Ini 5 Kebaikan Kembang Kol bagi Kesehatan
Ilustrasi kembang kol. (Pixabay.com/congerdesign)

Jarang disadari, kembang kol sebenarnya menyimpan banyak nilai gizi yang dapat bermanfaat bagi ibu hamil. Sayuran yang mirip brokoli ini mengandung vitamin, mineral, antioksidan, serat, kalium, dan asam folat yang berdampak positif untuk kehamilan.

Berikut ini sejumlah kebaikan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kembang kol untuk kesehatan ibu hamil, dilansir Klikdokter.

1. Menurunkan risiko cacat lahir pada bayi

Kandungan asam folat yang tinggi pada kembang kol dapat membantu pertumbuhan sel janin dalam perut. Saat kebutuhan asam folat tercukupi dengan baik, hal ini mampu menurunkan risiko cacat lahir pada otak maupun pada saraf bayi.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Kembang kol mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil. Gangguan pencernaan seperti sembelit atau sulit buang air besar (BAB) dapat dicegah dengan mengonsumsi kembang kol ini.

3. Membantu pembentukan sel darah merah dan hemogolobin

Kembang kol adalah sumber zat besi yang baik, sehingga berperan penting untuk kesehatan ibu hamil. Zat besi bertanggungjawab untuk pembentukan sel darah merah. Pada akhirnya, sel darah merah tersebut bertugas menyuplai oksigen beserta nutrisi lainnya ke tubuh ibu hamil dan janin.

4. Mencegah perdarahan akibat defisiensi vitamin K

Melansir The Parenting, kembang kol mempunyai beragam manfaat bagi ibu hamil. Salah satunya dapat membuat ibu hamil terhindar dari kondisi perdarahan defisiensi vitamin K. Hal ini dikarenakan kembang kol kaya akan kandungan vitamin K.

5. Mencegah rahim berkontraksi sebelum waktunya

Manfaat lain yang dapat diperoleh untuk ibu hamil dengan mengonsumsi kembang kol adalah mencegah rahim berkontraksi sebelum waktunya. Hal ini dikarenakan kembang kol kaya akan fosfor sehingga membantu menguatkan tulang ibu hamil dan calon buah hati.

Nah, itulah sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi kembang kol bagi ibu hamil. Namun demikian, perlu dicatat agar tidak mengonsumsi secara berlebihan karena dapat membuat perut kembung dan tidak nyaman. Sekitar satu cangkir dalam sehari masih boleh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil. Semoga membantu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak