facebook

4 Jenis Buah Ini Berkhasiat Turunkan Kolesterol, Salah Satunya Apel

Hayuning Ratri
4 Jenis Buah Ini Berkhasiat Turunkan Kolesterol, Salah Satunya Apel
Ilustrasi apel. (Pexels.com/Skylar Kang)

Kadar kolesterol yang tinggi adalah hal serius yang perlu untuk diperhatikan. Pasalnya, kolesterol tinggi dapat memicu beragam penyakit lainnya seperti aterosklerosis, stroke, bahkan penyakit jantung. Untuk mencegah kolesterol melambung tinggi, salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Konsumsi buah-buahan dapat mendatangkan beragam manfaat bagi tubuh. Salah satunya dapat membantu menurunkan kolesterol seperti beberapa jenis buah berikut, dilansir dari Halodoc.

1. Apel

Berdasarkan studi di tahun 2019, makan apel sebanyak dua buah dalam sehari dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, kandungan senyawa polifenol pada apel juga turut berpengaruh positif terhadap kadar kolesterol.

2. Alpukat

Buah satu ini sudah dikenal luas menyehatkan tubuh. Menurut hasil studi, mengonsumsi buah alpukat mampu menurunkan kolesterol LDL tanpa menurunkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

Dalam secangkir atau sekitar 150 gram alpukat dapat ditemukan 14,7 gram lemak tak jenuh tunggal yang diyakini membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Akan tetapi, jika kalian termasuk orang yang telah memiliki riwayat kolesterol tinggi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah ini.

3. Jambu biji

Buah lainnya yang dapat menjadi pilihan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah jambu biji. Buah satu ini memiliki kandungan kalium yang tergolong tinggi sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

4. Pepaya

Buah berwarna oranye ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk sistem pencernaan semata, namun juga mampu membantu menurunkan kolesterol. Hal ini tidak lain karena pepaya mengandung antioksidan diantaranya likopen, vitamin C, serta vitamin E. Kandungan vitamin tersebut diyakini dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di pembuluh darah.

Nah, itulah keempat jenis buah yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selalu jaga kesehatan ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak