alexametrics

Banyak Diburu, Ini 5 Tips Daftar Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Umum

Hayuning Ratri
Banyak Diburu, Ini 5 Tips Daftar Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Umum
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Unsplash.com/@3dparadise).

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo mengungkapkan mesti berebut vaksin Covid-19 dengan ratusan negara. Ternyata, tak hanya antar negara yang memperebutkan, kini antar orang pun ikut berebut ingin vaksin secepatnya.

Jumlah vaksin yang datang secara bertahap membuat masyarakat harus berburu secara aktif agar cepat mendapatkan vaksin Covid-19. Beberapa lembaga pemerintah pun ikut menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 untuk mendukung percepatan vaksin. Namun demikian, tak sedikit yang mengeluhkan selalu kehabisan setiap pendaftaran. Berikut ini terdapat sejumlah tips yang dapat diterapkan untuk memperoleh jatah vaksin Covid-19 bagi masyarakat umum. Apa saja? Yuk disimak satu per satu.

1. Aktif mencari informasi

Informasi vaksinasi Covid-19 saat ini dapat diakses dengan mudah melalui berbagai media. Kalian dapat mengikuti perkembangan media sosial atau website resmi untuk memperoleh informasi ini. Biasanya, mereka akan mengunggah pengumuman beberapa hari sebelum pendaftaran dibuka. Perhatikan alur pendaftaran dengan cermat agar tidak terlewat.

2. Utamakan daftar vaksin melalui online

Beberapa tempat membuka pendaftaran untuk vaksinasi Covid-19 secara online. Namun, beberapa lainnya juga masih ada yang langsung mengantre di tempat. Sebaiknya, kalian mengutamakan daftar vaksin yang melalui online terlebih dahulu. Pasalnya, daftar vaksin secara langsung rentan membludak. Hal ini dikarenakan vaksin sedang diburu banyak orang. Padahal, di masa sekarang ini diimbau untuk menghindari kerumunan.  

3. Ikuti persyaratan yang ada

Melanjutkan dari langkah yang pertama, setelah memperoleh informasi vaksinasi Covid-19, saatnya kalian menyiapkan persyaratan yang diminta. Sejumlah dokumen yang biasa dibutuhkan adalah KTP, surat keterangan domisili/surat keterangan kerja bagi KTP di luar wilayah vaksinasi, serta surat rekomendasi dari dokter apabila mempunyai penyakit penyerta. Selanjutnya, biasanya kalian diarahkan untuk mendaftar di situs PeduliLindungi dan website pendaftaran vaksin.

4. Bersiap menjelang waktu pendaftaran dibuka

Saat mengikuti pendaftaran secara online, kalian wajib untuk mempersiapkan diri beberapa waktu sebelum waktu pendaftaran dibuka. Pastikan akses internet yang kalian miliki berjalan dengan kuat dan lancar. Pasalnya, banyak orang di luar sana yang juga ingin mendapat vaksin seperti kalian. Akses website pendaftaran sedini mungkin sesuai jam pendaftaran. Walaupun terkadang terlambat beberapa menit, sabarlah untuk menunggu. Cobalah untuk rajin me-refresh halaman sampai pendaftaran dibuka.

5. Segera daftar vaksin

Setelah berhasil membuka laman pendaftaran, segera isi poin yang disediakan dalam laman tersebut. Jangan buang banyak waktu saat mendaftar vaksin ini. Pasalnya, tak jarang kuota vaksin ludes hanya dalam hitungan menit.

Apabila kehabisan slot vaksin, kalian harus menunggu pendaftaran selanjutnya atau mencari informasi dari penyelenggara yang lain. Sebenarnya, ada satu tips lagi yang bisa dicoba. Namun, kalian harus mempunyai banyak waktu longgar dan kesabaran ekstra tanpa ada jaminan pasti memperoleh vaksin, yaitu dengan datang langsung ke tempat vaksinasi. Kalian bisa mengikuti vaksin apabila masih ada sisa jatah vaksin dari orang yang tidak lolos screening kesehatan. Akan tetapi, kalian tetap harus memenuhi persyaratan yang ada. Jangan malas untuk bertanya dan mengurus persyaratan pada pihak terkait.

Nah, itulah beberapa cara untuk masyarakat umum yang dapat dicoba agar cepat memperoleh vaksinasi Covid-19. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak