facebook

Sering Merasa Lapar Meski Sudah Makan? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Heni
Sering Merasa Lapar Meski Sudah Makan? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!
Ilustrasi makan (Pexels/George Milton)

Rasa lapar merupakan isyarat alami tubuh membutuhkan lebih banyak makanan. Beberapa orang sering merasa lapar meski sudah makan atau merasa lapar saat belum waktunya untuk makan.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan rasa lapar yang dirasakan terus-menerus setelah makan. Berikut beberapa penyebabnya, seperti dikutip dari healthline.

1.  Kurang Konsumsi Protein

Protein memainkan peran penting dalam pengendalian nafsu makan dan mengatur hormon rasa lapar. Protein dalam tubuh bekerja dengan meningkatkan produksi hormon yang memberi sinyal kenyang. Ia juga mengurangi kadar hormon yang merangsang rasa lapar.

Ketika tubuh mengonsumsi protein dalam jumlah yang kurang, maka kamu akan sering merasa lapar.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur akan mempengaruhi fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan risiko penyakit seperti jantung dan kanker.  Selain itu, kurang tidur juga faktor yang dapat mengendalikan nafsu makan.

Ketika kamu kurang tidur, maka tubuhmu akan memproduksi hormon ghrelin. Padahal hormon ini perangsang nafsu makan.

3.  Terlalu Banyak Konsumsi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan yang dimaksud dalam hal ini seperti roti-rotian, pasta, minuman bersoda, permen, dan makanan yang dipanggang, dengan ditambahi ula tambahan.

Karbohidrat olahan memiliki kandungan serat yang sangat sedikit. Oleh sebab itu, tubuh akan dengan cepat mencernanya. Hal inilah yang akan menyebabkan tubuh sering merasa lapar.

4. Kurang Minum

Konsumsi air dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, air putih juga cukup mengenyangkan dan berpotensi mengurangi nafsu makan bila dikonsumsi sebelum makan.

Rasa haus biasanya sering disalahartikan sebagai rasa lapar. Kalau kamu sudah cukup makan tetapi masih merasa lapar, cobalah untuk minum bisa saja. Bisa jadi, itu hanyalah lapar palsu.

5. Stres

Stres yang berlebihan dapat meningkatkan nafsu makan. Saat merasa stres, kadar kortisol dalam tubuh akan meningkat. Kortisol merupakan hormon yang bisa meningkatkan rasa lapar.

Nah itu tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan kamu terus merasa lapar. Cobalah untuk memperbaiki pola tidur, mengurangi konsumsi karbohidrat, mencukupi asupan air , dan mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup, agar tidak merasa lapar terus-menerus.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak