alexametrics

Selain Bikin Gemuk, Ini 4 Alasan Kamu Harus Berhenti Makan Gula Berlebihan

Heni Welson
Selain Bikin Gemuk, Ini 4 Alasan Kamu Harus Berhenti Makan Gula Berlebihan
Ilustrasi Gula (Pixabay/Myriams Fotos).

Konsumsi gula dalam jumlah yang berlebih secara terus-menerus dikenal masyarakat luas sebagai salah satu penyebab berat badan naik. Diketahui, makanan dan minuman manis mengandung kalori dalam jumlah banyak, sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan, apalagi jika tidak dibarengi dengan olahraga teratur. 

Gula yang masuk ke dalam tubuh akan dengan cepat dicerna, sehingga rasa kenyang yang dihasilkan tidak dapat bertahan lama. Hal ini akan membuat seseorang ingin makan lagi sehingga asupan kalori menjadi berlebih. 

Konsumsi gula secara berlebihan juga dapat menyebabkan resistensi hormon leptin. Di mana fungsi hormon leptin adalah untuk mengontrol nafsu makan. Hormon ini akan mengirimkan sinyal keotak ketika tubuh sudah memperoleh cukup makan atau merasa kenyang. 

Selain dapat menambah berat badan, ternyata ini 4 alasan kenapa kamu harus berhenti mengonsumsi gula secara berlebihan seperti dikutip dari healthline.

1.  Gula tidak mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh

Menambah gula ke dalam makanan dan minuman secara berlebih hanya akan membuat asupan kalori meningkat tanpa adanya zat gizi tambahan lainnya. Tubuh mencerna gula dengan cepat yang berarti gula bukan sumber energi yang baik.

Makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan akan dicerna dengan lambat oleh tubuh sehingga rasa kenyang yang dihasilkan lebih bertahan lama dan menjadikannya sumber energi yang baik. Selain kandungan gula alami pada buah, juga terdapat viamin dan serat sehingga konsumsi buah tidak hanya mendapatkan asupan gula tetapi juga zat gizi yang lebih bermanfaat lainnya. 

2.  Dapat menyebabkan risiko penyakit jantung

Selama ini lemak selalu dikaitkan dengan penyakit jantung. Ternyata, konsumsi gula berlebih juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Penelitian yang dimuat dalam jurnal JAMA Internal Medician menyebutkan, mengonsumsi gula berlebih dalam hal ini gula tambahan, bukan gula alami yang mencapai seperlima dari kalori harian, meningkatkan risiko dua kali lebih besar mengidap penyakit jantung.

3.  Salah satu penyebab gigi berlubang 

Setelah konsumsi gula, bakteri yang ada di dalam mulut akan membentuk plak pada gigi. Bakteri akan bereaksi dengan gula yang kita konsumsi kemudian memicu pelepasan asam yang dapat merusak gigi.

4. Diabetes 

Tidak hanya gula, konsumsi makanan tinggi kalori dalam bentuk apapun dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Dalam kebanyakan kasus, konsumsi gula berlebihan dan tinggi kalori meningkatkan risiko diabetes. 

Nah itu dia tadi beberapa hal yang mengharuskan kamu untuk berhenti mengonsumsi gula secara berlebihan. Jangan lupa olahraga rutin juga ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak