alexametrics

4 Tips Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebihan

Heni Welson
4 Tips Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebihan
Ilustrasi Lapar dan Makan. (Pexels//George Milton)

Nafsu makan merupakan keinginan yang muncul secara alami sebagai alarm dari tubuh ketika merasa lapar. Tidak hanya nafsu makan rendah yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, nafsu makan yang berlebihan ternyata juga tidak baik untuk kesehatan. Beberapa orang memiliki nafsu makan yang tinggi sehingga hal ini akan meningkatkan risiko kenaikan berat badan. 

Nafsu makan yang berlebihan dapat disebabkan oleh pola hidup yang tidak seperti buruknya pola makan, kebiasaan begadang, stres serta efek konsumsi obat-obatan tertentu. Dilansir hellosehat, berikut ini beberapa tips untuk mengurangi nafsu makan yang berlebihan:

1. Makan tepat waktu

Mewatkan waktu makan akan berdampak pada kesehatan. Hal ini karena tubuh bekerja setiap saat untuk mencerna makanan dan menjadikannya sebagai sumber energi. Ketika Anda melewatkan jam makan yang seharusnya, nafsu makan cenderung lebih besar pada waktu makan berikutnya.

Ketika melewatkan waktu makan, tubuh akan memproduksi hormon gheralin dan leptin dimana kedua hormon ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal lapar ke otak dan meningkatkan nafsu makan. Untuk menurunkan nafsu makan yang berlebihan, makanlah secara teratur 3 kali dalam sehari. Jika masih merasa lapar saat menunggu jam makan selanjutnya, cobalah untuk mengonsumsi cemilan sehat seperti buah-buahan. 

2. Tidur yang cukup

Rekomendasi tidur yang cukup untuk usia dewasa anatar 7-8 jam per hari. Ketika seseorang kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon ghrelin dan leptin dalam jumlah yang cukup banyak. Kedua hormon ini berperan dalam merangsang dan meningkatkan nafsu makan. Tidur yang cukup akan mengurangi produksi hormon ghrelin dan leptin sehingga tubuh akan merasa tidak cepat lapar.

3. Porsi makan yang cukup

Tampilan makanan yang Anda sajikan dipiring makan akan sangat mempengaruhi nafsu makan. Begitu pula dengan porsi yang Anda lihat ketika makan. Hal ini karena keinginan makan muncul akibat rangsangan dari luar, terutama mata yang melihat makanan.

Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa saat makanan disajikan dalam porsi lebih sedikit, peserta cenderung mengurangi porsi makan mereka pada hari berikutnya. Peserta penelitian meyakini bahwa porsi yang telah dikurangi tersebut adalah porsi normal. Jadi mengurangi porsi makan yang sebelumnya lebih banyak dapat menurunkan nafsu makan.  

4. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan sumber serat yang paling banyak. Serat merupakan salah satu jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan diserap oleh tubuh dengan cepat. Proses pencernaan makanan tinggi serat akan lebih sulit dan membutuhkan waktu yang cukup panjang sehingga perut akan terasa penuh lebih lama dan tidak mudah lapar. 

Inillah yang menjadi alasan mengapa konsumsi buah dan sayuran dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Selain itu, rutin konsumsi makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan berat badan. 

Nah itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Kamu sudah pernah coba tips yang mana nih?

Sumber:

hellosehat.com

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak