alexametrics

4 Manfaat Memelihara Hewan untuk Kesehatan Mental

Mualifah Putriana
4 Manfaat Memelihara Hewan untuk Kesehatan Mental
Ilustrasi kucing piaraan [Foto: Antara]

Kesehatan mental merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Banyaknya tekanan hidup, permasalahan, maupun pekerjaan membuat setiap orang menjadi mengalami beberapa keluhan terhadap kesehatan mental. Di antaranya adalah stres maupun depresi.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah depresi di antaranya adalah memelihara hewan. Mengapa memelihara hewan dapat membantu menjaga kesehatan mental?

Mengutip dari Mental Health Foundation, ada beberapa manfaat memelihara hewan bagi kesehatan mental di ataranya adalah:

1. Mengurangi depresi

Memiliki hewan peliharaan memotivasi untuk melakukan beragam hal, mulai dari bermain bersama hewan peliharaan, berolahraga bersama, jalan-jalan, dan banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama dengan hewan peliharaan.

Hal ini membantu melepaskan rasa stres yang biasanya dirasakan seseorang. Selain itu, adanya rasa bahagia yang timbul akibat interaksi dengan hewan peliharaan juga membantu kesehatan mental.

2. Membantu bersosialisasi

Terkadang ada kegiatan yang bisa dilakukan secara bersama-sama dengan kelompok maupun hewan peliharaan lainnya. Ada juga beberapa event yang membuka peluang untuk pemilik bersosialisasi dengan orang lain. Hal ini merupakan terapi yang baik untuk beberapa yang memiliki masalah dengan berkomunikasi sosial.

3. Terapi untuk anak ADHD

Mengurus hewan peliharaan mulai dari memberi makan, memandikan, mengajak bermain adalah salah satu hal yang bisa menjadi terapi bagi anak yang menderita ADHD. Terapi ini merupakan salah satu terapi yang mudah dilakukan di rumah dan juga aman karena bisa diawasi secara langsung oleh orang tua. Namun, pemilihan hewan peliharaan sebaiknya diperhatikan agar tidak menyakiti anak.

4. Terapi untuk anak Autisme

Pada anak yang memiliki kebutuhan khusus, terapi menggunakan hewan peliharaan adalah pilihan yang tepat. Memelihara hewan peliharaan akan membantu dalam perkembangan sensorik mereka. Interaksi dengan hewan peliharaan juga akan memunculkan rasa aman anak.

Hewan yang biasannya digunakan adalah jenis anjing dan kucing. Namun, juga harus diperhatikan jenis anjing dan kucing yang akan dipelihara. Sebisa mungkin hewan peliharaan tersebut sehat dan sudah jinak.

Nah hal-hal dia tas merupakan beberapa alasan mengapa memelihara hewan peliharaan dapat membantu dalam menjaga kesehatan mental. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak