alexametrics

Tak Banyak Diketahui Orang, Ini 4 Manfaat Kimchi bagi Tubuh

radiansyah radiansyah
Tak Banyak Diketahui Orang, Ini 4 Manfaat Kimchi bagi Tubuh
Ilustrasi kimchi, manfaat kimchi (Freepik)

Kimchi adalah makanan tradisional Korea Selatan yang merupakan hidangan dengan sayuran acar pedas. Kimchi secara tradisional dibuat dengan menggabungkan lubis dan daun bawang atau lobak, lalu direndam pada air garam. Setelahnya dicampur bawang putih, jahe, cabai, dan saus ikan. Bahan-bahan tersebut dibiarkan hingga terfermentasi. Kimchi juga memiliki sejarah yang panjang di Korea Selatan. Makanan ini telah ada sejak dua ribu tahun yang lalu.

Secara tradisional, kimchi difermentasi dalam lubang dingin di dalam tanah. Hal itu untuk dapat membantu mengontrol kecepatan pertumbuhan bakteri. Jika dibuat dengan cara yang benar, kimchi juga dapat membantu mengawetkan sayuran sepanjang tahun. 

Dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan, kimchi dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting. Seperti kolin yang terdapat dalam kimchi, senyawa yang penting untuk menjaga sel, otot, sistem saraf, dan bahkan suasana hati.. Kolin juga dapat membantu untuk dapat menjaga daya ingat Anda.

Selain itu, Kimchi juga kaya akan vitamin K, yang dapat membantu pembekuan dalam darah dan menjaga tulang agar tidak rapuh. Menyadur Webmd, berikut ini manfaat kimchi bagi tubuh.

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kimchi adalah makanan fermentasi yang probiotik sangat baik. Bakteri lactobacilli yang ditemukan dalam yogurt dan produk susu fermentasi lainya, juga dapat ditemukan di kimchi. Mengonsumsi bakteri baik dalam kimchi dapat membantu Anda untuk dapat menjaga pencernaan yang sehat. Probiotik dalam makanan fermentasi juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan

2. Melindungi hatimu

Probiotik dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pada jantung, karena mengurangi kolestrol dan risiko peradangangan. Sebuah studi pun menunjukan jika kimchi juga dapat mengurangi risiko aterosklerosis melalui sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

3. Dukungan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada penelitian awal, kimchi juga dipercaya bisa memperkuat sistem kekebalan pada tubuh. Bakteri yang membantu memfermentasi kimchi telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kekebalan pada tubuh dan telah menurunkan tingkat peradangan akibat penyakit. Vitamin C yang  terdapat di kimchi juga dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan pada tubuh.

4. Nutrisi

Kimchi juga penuh dengan beta-karoten dan senyawa antioksidan lainya. Kandungan itu dapat mengurangi  risiko kondisi kesehatan yang serius seperti stroke, kanker, diabetes, dan juga penyakit jantung

Kimchi juga merupakan sumber yang baik dari vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, Beta karoten, kolin, kalium, dan kalsium Adapun Nutrisi dalam satu cangkir kimchi adalah sebagai berikut:

  • Kalori: 23
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: Kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Serat: 2 gram
  • Gula: 2 gram

Kimchi memang dipercaya mengandung probiotik yang bermanfaat bagi banyak orang, tetapi masih terdapat bakteri hidup. Bakteri yang digunakan untuk memfermentasi kimchi aman untuk dikonsumsi.

Namun, jika kimchi tidak disiapkan atau disimpan dengan benar, proses fermentasi dapat menyebabkan terjadinya keracunan makanan. Akibatnya, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah harus berhati-hati saat mengomsumsi kimchi atau makanan fermentasi lainya. Jadi, itulah manfaat kimchi yang bisa kamu rasakan apabila diolah dengan benar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak