facebook

Kenali 6 Gejala Awal Kehamilan, Calon Ibu Wajib Tahu Ini

Rozi Rista Aga Zidna
Kenali 6 Gejala Awal Kehamilan, Calon Ibu Wajib Tahu Ini
Ilustrasi Ibu Hamil. (Sumber: Pixabay.com/athorrozi)

Mengenali diri bahwa sedang hamil adalah saat-saat yang tidak akan terlupakan bagi seorang wanita. Gejala yang dialami oleh masing-masing wanita hamil tidaklah sama. Ada wanita yang dapat merasakan gejala pada awal-awal kehamilan, ada yang baru terasa setelah kehamilan berumur beberapa minggu, bahkan ada yang sama sekali tidak merasakan gejala kehamilan. 

Namun, pada umumnya ada enam gejala yang dialami oleh seorang wanita sebagai tanda awal kehamilannya sebagaimana uraian yang disadur dari laman alodokter, sehatq, hellosehat dan halodoc, yaitu:

1. Tidak Haid

Tanda pertama awal kehamilan adalah tidak terjadinya menstruasi pada waktunya. Tidak lagi menstruasi merupakan alasan utama terjadinya kehamilan, meskipun hal ini bukan satu-satunya alasan. Sebab, ada alasan lain kenapa tidak menstruasi, seperti sebab stres atau terdapat gangguan pada organ reproduksi. Maka dari itu, untuk memastikan apakah tidak menstruasinya pertanda hamil atau bukan, sebaiknya melakukan tes kehamilan saja.

2. Perut Mual

Biasanya, pada bulan-bulan pertama kehamilan, ibu hamil merasa perut mual dan muntah di pagi hari. Ada pula ibu hamil yang merasa mual dan muntah pada setiap waktu, tidak tentu di pagi hari. Makanan dengan aroma yang menyengat, semakin menambah perut mual dan ingin muntah. Penyebab dari mual dan muntah ini adalah terjadinya perubahan hormon yang dapat memicu bagian otak yang mengontrol mual dan muntah.  

3. Sering Buang Air

Frekuensi buang air kecil yang semakin meningkat biasanya terjadi di awal usia kehamilan dan akan berkurang saat kehamilan menginjak usia 12 minggu. Namun, sering buang air kecil akan kembali meningkat saat masa kehamilan menginjak usia 28 minggu. Hal ini, disebabkan rahim yang semakin membesar sehingga terjadi tekanan pada kandung kemih.

4. Sembelit

Sembelit dialami oleh mayoritas wanita yang sedang hamil. Sembelit ini terjadi disebabkan adanya peningkatan pada hormon progesteron yang menyebabkan kontraksi usus menjadi lebih pelan dan makanan lebih lambat melewati saluran pencernaan.

5. Mengidam

Pada bulan-bulan pertama kehamilan, kebanyakan wanita hamil akan merasakan keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu yang biasanya tidak diinginkannya saat sebelum hamil. Perubahan selera makan ini biasanya diakibatkan oleh rasa yang tidak enak pada mulut. 

6. Selalu Merasa Ngantuk

Rasa kantuk yang berlebihan bukan karena kelelahan, sekalipun telah tidur dan istirahat yang cukup, ibu hamil biasanya selalu menguap dan tidak kuat membuka mata. Rasa kantuk yang berlebihan tersebut disebabkan terjadinya perubahan hormonal selama kehamilan.

Demikian enam gejala yang dapat mendeteksi seorang wanita sedang hamil atau belum. Enam gejala ini berdasarkan sumber terpercaya, seperti sehatq.com, hellosehat.com, halodoc.com dan lain-lainnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak