facebook

5 Manfaat Air Garam yang Baik Bagi Kesehatan, Bantu Angkat Sel Kulit Mati

Eunoia Yahya
5 Manfaat Air Garam yang Baik Bagi Kesehatan, Bantu Angkat Sel Kulit Mati
Ilustrasi garam. (Pixabay.com/Bruno /Germany)

Garam atau natrium klorida (NaCl), merupakan penyatuan unsur natrium dan klorida yang kemudian berubah menjadi kubus kristal putih. Terkenal sebagai penambah cita rasa dalam setiap masakan, garam juga mengandung mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme.

Bahkan ada beberapa jenis garam juga dilengkapi dengan kandungan yodium, kalium, kalsium, zat besi, dan zinc. Yang kemudian sering dimanfaatkan untuk mengatasi beragam keluhan kesehatan, dan populer dijadikan sebagai larutan untuk obat ataupun sekadar berkumur.

Dilansir dari alodokter, berikut beberapa manfaat air garam yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan mulut

Sariawan atau aphtous stomatitis adalah luka di dalam mulut yang biasanya berbentuk oval bulat, dengan warna putih. Biasanya disebabkan kurangnya vitamin C, vitamin B12, atau juga infeksi oleh bakteri, virus, bahkan jamur.

Berkumur dengan air garam ternyata dapat membantu anda mengatasi keluhan sariawan, dan mampu mempercepat proses penyembuhan luka setelah pencabutan gigi. Juga dipercaya bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan plak gigi yang memicu bau mulut. Caranya cukup mudah, cukup berkumur dengan air garam hangat setelah makan.

2. Mengobati sakit tenggorokan

Umumnya sakit tenggorokan disebabkan oleh virus atau bakteri, yang mengakibatkan rasa tidak nyaman bahkan nyeri saat kita menelan sesuatu. Untuk mengurangi sakitnya anda dapat menggunakan larutan air garam hangat, bahkan untuk sakit amandel.

Juga sifat antiradang dan antibakteri dalam garam, ternyata dapat membantu melonggarkan lendir yang berlebihan dan proses osmosis dapat menghilangkan patogen dan bakteri sehingga meringankan berbagai gejala masalah pernapasan, seperti asma, pilek dan flu, juga bronkitis.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat air garam hangat selanjutnya, dapat membantu sistem pencernaan. Sebab mengonsumsi garam alami ternyata mampu membantu merangsang enzim pencernaan berupa klorida dan protein di dalam perut, yang sangat baik bagi usus untuk mengurai makanan.

Bahkan larutan air garam tertentu, seperti garam Himalaya atau Epsom. Malah dimanfaatkan sebagai obat pencahar atau laksatif alami, untuk membantu meredakan sembelit.

4. Sebagai detoksifikasi tubuh

Zat antibakteri pada garam, dapat mengurangi racun dan bakteri berbahaya yang ada di dalam tubuh. Mengonsumsi air garam secara rutin dan teratur dapat membantu menjaga kesehatan organ dalam.

Juga menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga anda membutuhkan air yang mengandung elektrolit. Dimana elektrolit sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan dapat membantu ginjal dalam menghilangkan limbah dan racun.

5. Mengangkat sel kulit mati

Selain untuk kesehatan, ternyata air garam juga bermanfaat untuk kulit. Salah satunya untuk mengatasi eksim, yang dapat menyebabkan kulit terasa gatal, merah, pecah-pecah, dan kering. Khususnya garam Epsom yang mengandung mineral cukup tinggi, sehingga bagus digunakan sebagai berendam untuk mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

Selain itu garam yang memiliki tekstur seperti butiran-butiran kecil juga dapat digunakan sebagai scrub, untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Namun perlu diingat, manfaat air garam hanya dapat dijadikan sebagai pengobatan rumahan, bukan sebagai obat utama untuk mengatasi penyakit Anda.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak