facebook

5 Obat Alami untuk Panas Dalam, Yuk Kenali

Anang wan
5 Obat Alami untuk Panas Dalam, Yuk Kenali
Ilustrasi panas dalam (freepik/fathorr)

Panas dalam biasanya dialami seseorang mulai dari bibir kering, sariawan, tenggorokan, sariawan, lemas, dan sembelit. Tidak ada istilah penyakit panas dalam di dunia kedokteran. Lebih tepatnya diartikan sebagai serangkaian gejala yang menyerang mulut, sistem pencernaan, dan mulut.

Istilah panas dalam sendiri sudah berakar dari ilmu kedokteran tradisional Tiongkok. Sejak berabad-abad yang lalu, para tabib Tiongkok percaya jika suhu tubuh manusia sejatinya selalu seimbang seperti Yin dan Yang.

Sedangkan, dalam ilmu kedokteran modern, gejala panas dalam biasanya dialami oleh kondisi kesehatan tertentu. Bibir yang kering dan lemas bisa diakibatkan oleh dehidrasi.

Nah, berikut ini adalah sejumlah obat yang mungkin dapat mengatasi panas dalam. Berikut ulasannya yang dirangkum dari laman hellosehat.com.

1. Kumur air garam

Yang pertama adalah dengan berkumur air garam, yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan. Untuk mengobati panas dalam, berkumurlah sambil mendongak. 

Jika untuk mengobati sariawan, kamu bisa berkumur di area yang sakit. Kamu bisa berkumur selama 20-30 detik, lalu buang airnya dan jangan ditelan. Ulangi berkumur setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang lebih efektif.

2. Makan sayur dan buah

Sayur dan buah dikenal kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, kedua makanan ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Pilihlah buah dan sayur yang warnanya terang dan pekat untuk nutrisi terbaik. Seperti bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli. Pepaya, apel, stroberi, dan anggur juga baik untuk mengobati panas dalam.

3. Ampas teh celup

Mengatasi sariawan juga bisa dengan cara mengompres bagian yang sakit dengan kantong teh celup yang sudah kamu seduh. Daun teh diketahui bermanfaat untuk melawan peradangan serta meredakan nyeri. 

Kompres selama 15-20 menit kira-kira sebanyak tiga kali sehari.

4. Banyak minum air putih

Dehidrasi diketahui dapat menyebabkan gejala panas dalam seperti tenggorokan kering, dan bibir pecah-pecah. Untuk itu, pastikan kamu cukup minum air putih. Guna menggantikan cairan yang hilang, usahakanlah untuk minum paling tidak 10 gelas dalam sehari.

5. Madu

Dalam sejumlah penelitian, madu ternyata baik untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan. Jadi, jika tenggorokan kamu mulai terasa sakit atau kering, segeralah untuk minum madu murni. Kamu juga bisa mencampurnya dengan teh, air hangat atau diminum langsung.

Selain itu, madu juga bisa dijadikan solusi untuk bibir yang kering dan pecah-pecah. Nah, oleskan madu pada bibir untuk menjaga kelembapan alaminya.

Nah, itulah sejumlah obat alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi panas dalam. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa dan Terimakasih.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak