facebook

Pernah Lihat Ciplukan? Ternyata Buah Ini Kaya Manfaat Lho!

khf syh
Pernah Lihat Ciplukan? Ternyata Buah Ini Kaya Manfaat Lho!
Potret Buah Ciplukan (Pixabay/5second)

Buah ciplukan atau yang memiliki nama ilmiah Physalis peruviana adalah jenis buah yang unik, karena dibungkus oleh lapisan tipis seperti daun. Untuk memakannya, kamu harus membuka lapisan luarnya terlebih dahulu dan saat dikunyah atau digigit, tekstur buahnya sedikit mirip dengan buah tomat.

Jika belum matang, warna buah ini berwarna hijau. Namun saat sudah matang, buah ini berwarna jingga kekuningan dengan rasa manis sedikit kecut seperti mangga. Dengan bentuknya yang lucu, buah ciplukan juga dipercaya memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan.

Melansir tinjauan dr. Airindya Bella dari Alodokter, buah ciplukan memiliki kandungan karbohidrat, serat, protein, dan lemak. Buah ini juga punya vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, riboflavin, zat besi, dan fosfor. Bahkan, sejumlah kandungan antioksidan ada di dalamnya, seperti polifenol dan beta karoten.

Berikut sederet manfaat yang terkandung dalam buah ciplukan.

1. Bantu Tingkatkan Kekuatan Imun Tubuh

Menurut dr. Airindya, makan buah ciplukan yang matang dipercaya bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini muncul karena peran polifenol dan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Sehingga mengonsumsinya bisa melawan infeksi kuman sehingga terhindar dari penyakit infeksi.

2. Memperkuat Tulang

Lebih lanjut, dr. Airindya Bella menjelaskan buah ciplukan juga bisa mendukung kesehatan tulang. Kandungan vitamin K dalam buah ini punya peranan penting dalam kepadatan tulang, sehingga tulang pun lebih kuat dan terhindar dari risiko patah tulang.

3. Bisa Menyehatkan Mata 

Adapun selain kandungan vitamin K, dikutip dari Alodokter, buah ciplukan juga mengandung vitamin A yang bisa menjaga kesehatan mata. Selain vitamin A, buah ciplukan juga memiliki lutein dan karotenoid. Memakan buah ciplukan bisa mendorong senyawa aktif ini diduga mampu menurunkan risiko degenerasi makula yang mengakibatkan kebutaan.

4. Membantu Penderita Anemia

Tahukah kamu, menurut dr. Airindya Bella, ada beberapa jenis anemia. Namun jenis anemia yang paling umum terjadi adalah anemia defisiensi zat besi. Situasi ini muncul ketika kadar zat besi dalam tubuh berkurang, sehingga menurunkan fungsi serta jumlah sel darah merah. Zat besi yang ada dalam buah ciplukan dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya anemia ini. 

5. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Terakhir, dr. Airindya Bella mengatakan bahwa buah ciplukan bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian yang dikutip dalam Alodokter mengungkapkan bahwa buah ciplukan mempunyai antioksidan yang tinggi, sehingga dianggap bisa menangkal bahaya radikal bebas yang menjadi pemicu terbentuknya sel kanker dalam tubuh.

Itulah sederet manfaat yang dimiliki buah ciplukan. Jika kamu adalah penderita penyakit yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa mengonsumsi buah ciplukan secara rutin. Namun, perlu adanya konsultasi kepada dokter terlebih dahulu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak