facebook

4 Masalah Kulit yang Timbul pada Masa Kehamilan, Calon Ibu Wajib Tahu!

khf syh
4 Masalah Kulit yang Timbul pada Masa Kehamilan, Calon Ibu Wajib Tahu!
Potret Ibu Hamil (Freepik/prostooleh)

Proses kehamilan memang membawa perubahan bagi bentuk dan kondisi tubuh. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab timbulnya masalah kulit selama hamil, mulai dari perubahan kadar hormon dan sirkulasi darah dalam tubuh. Menurut dr. Rizal Fadli dari halodoc, kondisi ini juga bisa terjadi karena penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh hingga peningkatan berat badan yang bertambah selama proses kehamilan. Lantas, apa saja permasalahan kulit yang muncul ketika masa hamil? Yuk, kenali sederet masalah kulit pada ibu hamil di bawah ini.

1. Munculnya Flek Hitam

Bercak atau flek hitam bisa muncul pada wajah, utamanya di dahi, pipi, hidung, dan bibir. Kemunculan bercak hitam ini bisa membuat bumil merasa kurang percaya diri. Agar flek hitam tidak terlihat jelas, dr. Rizal Fadli memberikan saran bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini di masa kehamilan, cobalah samarkan dengan penggunaan tabir surya saat keluar rumah, pilih produk tabis surya yang mengandung SPF 15. 

2. Muncul Jerawat di Wajah

Para ibu hamil juga biasanya mengalami jerawatan, yaitu kondisi di mana muncul jerawat di permukaan kulit. Menurut dr. Rizal Fadli, kondisi ini bisa dipicu oleh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Alhasil, kondisi inilah yang menjadi penyebab kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum, sehingga memicu timbulnya jerawat. 

3. Muncul Guratan di Kulit

Masalah kulit selanjutnya ialah munculnya stretch marks atau guratan pada kulit. Kondisi paling sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Menurut dr. Rizal Fadli, kondisi ini bisa muncul karena merenggangnya kulit akibat perut yang semakin lama semakin membesar. Meski sebenarnya kulit memiliki elastisitas sehingga dapat beradaptasi terhadap perubahan. Bertambahnya berat badan juga salah satu pemicu munculnya stretch marks.

4. Timbulnya Varises

Tak cukup sampai disitu, permasalahan kulit selanjutnya ialah varises pada ibu hamil. Hal ini membuat tubuh harus menyesuaikan diri untuk dapat menyuplai darah ke janin. Penjelasan dari dr. Rizal Fadli mengatakan bahwa ciri-ciri ibu hamil yang mengalami varises biasanya menemukan guratan kebiruan yang terlihat pada tungkai dan kaki.

dr. Rizal memberikan arahan untuk menghindari varises dengan cara rutin berolahraga ringan agar sirkulasi darah lebih lancar, konsumsi vitamin C yang cukup, posisikan kaki lebih tinggi dari jantung saat berbaring, jangan duduk terlalu lama, dan hindari kenaikan berat badan yang berlebihan selama masa kehamilan.

Itulah empat masalah kulit yang muncul pada masa kehamilan. Pastikan untuk selalu konsultasi ke dokter kandungan, ya Bunda!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak