facebook

Jangan Lewatkan 4 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan!

khf syh
Jangan Lewatkan 4 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan!
Ilustrasi Makan Buah Naga (Freepik/lookstudio)

Buah naga merah atau yang memiliki nama ilmiah Hylocereus Polyrhizus ini dipercaya mempunyai zat antioksidan yang lebih tinggi. Hal ini ditinjau dari dr. Fadli Rizal Makarim melalui halodoc, tinjauan tersebut dapat dilihat berdasarkan warna merah pada buah naga, yang secara alami berasal dari senyawa antioksidan bernama antosianin. Alhasil, mengonsumsi buah naga merah tentu dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Kira-kira apa saja manfaat tersebut? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

1. Menguatkan Kekebalan pada Tubuh

Menurut dr. Fadli, buah naga mempunyai Kandungan vitamin C dan karotenoid yang bisa menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari bahaya. Oleh karena itu, buah naga bisa mencegah sejumlah infeksi, sehingga dapat meningkatkan sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Menyehatkan Usus

dr. Fadli Rizal melansir melalui Healthline, kandungan yang ada di dalam buah naga itu ada prebiotik, sehingga memiliki peluang guna meningkatkan keseimbangan bakteri baik pada usus. Bagi kamu yang belum tahu, prebiotik merupakan jenis serat khusus yang bisa mendorong pertumbuhan bakteri sehat pada usus. Secara khusus, buah naga juga dapat mendorong pertumbuhan dua bakteri sehat pada tubuh, yakni bakteri asam laktat dan bifidobacteria.

3. Merawat Kulit

Lebih lanjut, dr. Fadli menuturkan bahwa selain manfaat di atas, kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga merah juga ada sifat anti penuaan. Hal ini terjadi karena antioksidan tersebut menghambat enzim yang memecah komponen kulit seperti kolagen dan asam hialuronat. Tak hanya itu, dalam buah naga juga dipercaya dapat mengendalikan produksi sebum, sehingga dapat mengatasi jerawat di kulit.

4. Bantu Atasi Anemia 

Untuk kamu yang termasuk ke dalam penderita anemia, kenali terlebih dahulu jenis anemia yang kamu alami. Menurut dr. Fadli Rizal Makarim, salah satu jenis anemia yang paling umum yakni anemia defisiensi zat besi yang diakibatkan oleh terlalu rendahnya kadar besi pada tubuh. Melihat rendah ya kadar besi pada tubuh, kamu cocok mengonsumsi buah naga merah. Hal ini terjadi karena buah naga merah merupakan salah satu buah yang mempunyai sumber zat besi yang baik. Adapun satu porsi dari buah ini mengandung 8 persen asupan harian yang bisa membantu atasi anemia di tubuh kamu.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari buah naga untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa konsumsi buah naga secara teratur, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak