facebook

3 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan untuk Menjaga Kesehatan Mental

Intan NI
3 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan untuk Menjaga Kesehatan Mental
Ilustrasi kehidupan sehari-hari. (pexels.com/@zen-chung)

Topik kesehatan mental menjadi pembicaraan yang sering kali dibahas akhir-akhir ini. Dirangkum dari Healthline pada Jumat (13/05/22), seorang pekerja sosial dan penulis buku ‘Self-Care for Black Women’ mengungkapkan definisi dari kata ‘kesehatan mental’ yang sering disalahartikan.

“Kesehatan mental berbicara tentang fungsi otak dan semua hal yang memengaruhinya,” kata Oludara Adeeyo, dikutip dari Healthline.

Secara singkat, kesehatan mental mencakup kesejahteraan psikologis dan sosial seseorang termasuk emosional seperti kemampuan mengatur emosi yang dirasakan. Banyak faktor yang berperan dalam hal ini. Beberapa hal di antaranya merupakan faktor eksternal yang tidak bisa dikendalikan seseorang seperti genetika atau keturunan, pengalaman hidup, dan riwayat keluarga.

Kesehatan mental menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, simak 3 kebiasaan atau rutinitas sehari-hari untuk menjaga kesehatan mental, seperti yang telah dirangkum dari Healthline berikut ini.

1. Tidur yang Cukup

Selain baik untuk kesehatan fisik, tidur juga merupakan aktivitas yang memiliki peran penting dalam kesehatan mental. Ada sebuah studi pada tahun 2021 lalu yang meneliti 273.695 orang dewasa di Amerika Serikat. Para peneliti menemukan bahwa orang yang rata-rata tidur 6 jam atau kurang per malamnya lebih mungkin untuk melaporkan tekanan mental yang sering sekitar 2,5 kali daripada mereka yang tidur lebih dari 6 jam.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Apa yang kita konsumsi tentu dapat mempengaruhi kesehatan termasuk sehat secara mental. Makan makanan yang bernutrisi ternyata dapat meningkatkan suasana hati. Seperti mengonsumsi buah pisang, buah berry, dan kacang polong dapat membantu kamu mengisi bahan bakar untuk tubuh.

Namun, makanan tertentu yang mengandung alkohol, kafein, dan gula tambahan dapat memperburuk gejala kecemasan. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Selain itu, minum banyak air dalam sehari juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, selalu perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi ya.

3. Cari Udara Segar

“Matahari adalah sumber vitamin D yang bagus. Penelitian menunjukkan bahwa matahari dapat meningkatkan sikap dan suasana hati,” ujar Christopher S. Taylor selaku pendiri ‘Taylor Counseling Group’.

Menurut Taylor, mencari udara segar di luar ruangan juga tidak harus memakan waktu yang lama.

“Lima menit melihat langit biru dapat membuat pikiran dan hati Anda menjadi baik,” imbuhnya.

Nah, itu dia 3 kebiasaan atau rutinitas yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan mental. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak