Gangguan Bipolar, Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya!

Anang wan
Gangguan Bipolar, Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya!
Ilustrasi gangguan bipolar (Freepik/storyset)

Hallo guys, apa kabar kamu hari ini? Semoga kalian selalu diberikan kesehatan oleh yang Maha Esa. Nah, pernahkan kamu mendengar istilah ‘Bipolar’?

Ya, bipolar adalah salah satu gangguan mental yang terjadi pada seseorang. Apakah kamu pernah mengalami gangguan ini?

Sebelum itu, mari kita bahas dulu definisi gangguan bipolar.

Pengertian gangguan bipolar

Dilansir dari alodokter.com, “Gangguan bipolar merupakan gangguan mental yang ditandai dengan perubahan drastis pada suasana hati. Penderita gangguan ini akan merasa sangat bahagia kemudian berubah menjadi sangat sedih”.

Jadi, dapat dijelaskan bahwa orang yang mengalami gangguan bipolar akan merasa sangat bahagia, tapi kemudian ia akan merasa sangat sedih.

Contohnya, seseorang tiba-tiba merasa senang karena telah mendapatkan sesuatu misalnya, akan tetapi beberapa saat kemudian ia merasa sangat sedih.

Gejala dan penyebab gangguan bipolar

Setelah mengetahui definisi bipolar, kamu juga harus tahu apa saja gejala dan penyebab gangguan bipolar. Berikut ulasannya, yang dilansir dari alodokter.com.

Gangguan bipolar ditandai dengan gejala utama berupa perubahan suasana hati atau mood yang drastis. Bahkan perubahan mood ini dapat terjadi dalam hitungan jam, hari, dan bulan. Umumnya, gejalanya meliputi:

  • Semangat yang menggebu-gebu
  • Perasaan bahagia atau antusias
  • Berkurangnya minat pada suatu kegiatan/pekerjaan
  • Susah tidur/insomnia
  • Perasaan bersalah yang berlebihan

Tapi, penyebab gangguan bipolar belum juga diketahui secara pasti. Akan tetapi, hal ini diduga terjadi karena faktor genetik. Gaya hidup serta lingkungan sekitar juga dapat menyebabkan gangguan bipolar.

Apakah bipolar bisa sembuh?

Mungkin kamu bertanya-tanya? Apakah gangguan bipolar ini bisa sembuh? Nah, berikut penjelasannya yang dirangkum dilansir dari laman sehatq.com.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa bipolar belum diketahui apa penyebab pastinya dan juga belum ditemukan obatnya. Jadi, apakah bipolar bisa sembuh? 

Meski tidak ada obat untuk menyembuhkan gangguan ini, gangguan ini bisa kamu tekan/kurangi dengan menjalani perawatan yang bisa mengontrol perasaan kamu.

Berdoa terus kepada Allah agar hati atau mood kita menjadi baik. Dam mudah-mudahan, gejala bipolar kamu akan mengurang dengan sendirinya sampai kamu sembuh.

Nah, bagaimana? Sudah tahu kan penjelasan mengenai gangguan bipolar. Semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak