facebook

5 Manfaat Bermain Alat Musik untuk Kesehatan Mental, Ampuh Lawan Depresi

Novan Harya Salaka
5 Manfaat Bermain Alat Musik untuk Kesehatan Mental, Ampuh Lawan Depresi
Ilustrasi alat musik (Freepik/pvproductions)

Sebuah studi dalam Consequence Sound menemukan bahwa bermain alat musik dapat berdampak pada kesehatan mental secara positif. Secara spesifik, memainkan alat musik meningkatkan perasaan rileks dan bahagia. Dalam studi ini, sebanyak 400 buah ukulele masing-masing dibagikan kepada mereka yang sedang berusaha mengatasi masalah kesehatan mental pada masa lockdown pandemi Covid-19.

Para partisipan diajari memainkan lagu Home dari Edward Sharpe and the Magnetic Zeros. Hasilnya, sebanyak 89 persen orang dewasa di UK yang memainkan alat musik secara rutin merasakan dampak positif atas kesehatan mentalnya. Dari angka ini, lebih dari sepertiganya mengaku bahwa bermain musik memberi mereka semacam pengalaman rasanya memiliki tujuan hidup.

Bermain alat musik dan kaitannya dengan kesehatan mental tercatat pula dalam artikel oleh Sloan School of Music. Artikel ini menyebutkan 5 manfaat bermain alat musik bagi kesehatan mental.

1. Meredakan Stres dan Kecemasan

Stres dapat berpengaruh pada kondisi fisik, mulai dari pikiran hingga menaikkan tekanan darah. Belajar bermain alat musik membutuhkan semua konsentrasi, yang secara natural menciptakan perasaan tenang dan state of mindfulness. Sensasi tenang inilah yang membantu tubuh menggeser perasaan negatif menjadi energi yang lebih positif dan menghilangkan stress.

2. Bermain Alat Musik Melawan Depresi

Belajar cara memainkan alat musik dapat membantu melawan depresi dengan cara yang sama dengan meredakan stres. Mendengarkan musik saja dapat secara instan meningkatkan mood dan merangsang otak untuk memproduksi dopamine atau “hormon bahagia.” Dengan bermain alat musik, manfaat ini menunjukkan hasil yang lebih.

3. Meningkatkan Memori

Memainkan alat musik merupakan kemampuan unik karena membutuhkan kerja dua sisi otak. Otak kiri mengontrol kerja-kerja berbasis logika. Sementara otak kanan mengerjakan hal-hal yang lebih kreatif. Menggunakan fungsi keduanya secara bersamaan memperkuat ingatan secara signifikan.

4. Bermain Musik Dapat Melatih Kesabaran

Tak semua orang bisa memainkan alat musik dengan sempurna. Untuk dapat melakukannya, dibutuhkan latihan dan kesabaran yang tinggi. Berapapun usia dan pengalamannya, akan selalu ada sesuatu yang masih bisa dipelajari. Practice makes perfect!

5. Meningkatkan Ketajaman Mental

Sama seperti fisik, otak akan menua dan menyusut secara volume seiring bertambahnya usia. Semakin tua otak, ia akan semakin lambat dalam memproses informasi, mengingat, dan bereaksi terhadap situasi. Belajar memainkan alat musik dapat memperlambat penurunan fungsi-fungsi ini.

Wah, ternyata kegiatan sederhana seperti bermain alat musik dapat bermanfaat terhadap kesehatan mental. Terus berlatih dan jangan menyerah karena manfaat bermain alat musik untuk kesehatan mental sudah dipastikan ada oleh para ahli.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak